Cari Diving Spot Paling Indah? Indonesia Juaranya!

Cari Diving Spot Paling Indah? Indonesia Juaranya!

15 Jun 2015   |   By Sheisa Sastaviana   |   1957 Views

coklatkita.com - Salah satu pemandangan alam yang paling indah, berada di bawah laut. Beruntunglah buat Sobat Coklat yang bisa menikmati cantiknya terumbu karang dan berbagai jenis ikan yang ada di bawah sana, terlebih lagi bisa mengabadikannya lewat kamera. Indonesia termasuk salah satu negara yang punya keindahan alam bawah laut terbaik di dunia, dengan titik diving di bagian timur yang paling populer.

Buat Sobat Coklat yang sudah punya lisensi menyelam, Taman Nasional Bunaken di Sulawesi Utara bisa menjadi pilihan pertama. Di tempat ini, ada 20 titik diving di sekitar perairan Pulau Bunaken yang bisa dieksplorasi. Selain ada terumbu karang yang berwarna-warni, di bawah laut pulau ini menyimpan fenomena istimewa yaitu underwater great walls yang namanya sudah mendunia. Ini merupakan kumpulan karang yang terbentuk secara vertikal memanjang dari dasar laut setinggi 30 meter menyerupai dinding. Karang raksasa tersebut menjadi sumber makanan bagi ikan-ikan. Kalau Sobat Coklat berhasil menyelam di sekitar underwater great walls ini, sempatkan untuk mencari sudut foto terbaik yang bisa mengabadikan momen indah di bawah laut.

Taman Nasional Bunaken Diving Site

Tempat berikutnya adalah Taman Nasional Takabonerate di Sulawesi Selatan. Meskipun Sobat Coklat harus menempuh 12 jam perjalanan darat dan laut yang melelahkan, tapi akan terbayar dengan segala keindahan yang terlihat di bawah lautnya. Ada 26 titik diving yang tersebar di 18 pulau dengan gugusan karang terindah ketiga di dunia setelah Maladewa dan Kepulauan Marshall. Kalau Sobat Coklat ingin melihat karang berbentuk seperti daun berwarna hijau di kedalaman 12 meter, meluncurlah ke titik diving Lembaran Daun di Taka Gantarang, atau Sobat Coklat juga bisa melihat karang berlubang yang dikeliling ikan yang berenang membentuk lingkaran sehingga terlihat seperti sumur di titik diving Taka Lamungan. Diving spot lainnya yang bisa dikunjungi di Taman Nasional Takabonerate adalah Haemulidae, Fujiyama, dan Jinato.

Taman Nasional Takabonerate

Terakhir, sempatkanlah untuk bisa mengabadikan keindahan bawah laut Indonesia dari Taman Nasional Komodo di Nusa Tenggara Timur. Ada 385 spesies karang, ribuan spesies ikan termasuk ikan pari raksasa, paus, dan penyu hijau yang bisa ditemui di pulau ini. Salah satu titik favorit penyelam adalah Batu Bolong dan Tatawa Besar karena sering ditemukan ikan pari dan hiu karang yang bergerombol disana. Sobat Coklat juga loh bisa diving di titik lainnya seperti Pulau Wainilu, Pulau Makaser, Pulau Lawa laut, dan Crystal Rock, dimana bisa ditemukan terumbu karang berwarna-warni di kedalaman 5 meter.

Taman Nasional Komodo

Siapkan peralatan diving Sobat Coklat dan segera nikmati pemandangan bawah laut Indonesia yang sangat indah! ***

 

Sumber: Detik Travel