Ini Dia Makanan Khas dari Ulat Sagu

Ini Dia Makanan Khas dari Ulat Sagu

2 Oct 2015   |   By Karolina Ketaren   |   3256 Views

Coklatkita.com- Pernahkah Sobat Coklat memakan masakan dari bahan ulat? Membayangkannya saja mungkin kamu sudah merasa jijik. Nah, makanan dari ulat sagu yang satu ini dijamin akan membuat kamu ketagihan. Penganan khas Suku Karo ini bernama Kidu Bumbu Arsik. Kidu adalah sebutan khas untuk jenis ulat yang hidup di bagian dalam pohon aren. Jenis ulat ini berasal dari pohon aren yang sudah mati. Sekilas tentang kidu, adalah larva dari kumbang berwarna merah yang nantinya menjadi ulat dewasa di dalam pohon.

Tapi jangan salah, penganan yang satu ini juga memiliki kandungan gizi yang cukup baik untuk kamu. Jenis ulat sagu ini banyak diteliti memiliki asam amino yang tinggi. Dan ternyata, protein dalam ulat sagu ini mengalahkan telur ayam. Kandungan lainnya adalah lemak, karbohidrat dan air. Jadi, jangan ragu untuk mencoba jenis sajian daerah ini.

Secara turun temurun, makanan ini dikonsumsi oleh masyarakat Karo Sumatera Utara. Dengan paduan bumbu-bumbu khas Karo seperti andaliman dan kecombrang/kincung dalam kuah arsik (kuah kuning khas Sumatera Utara) dijamin membuat ketagihan.

Sebelum dimasak kidu ini dibersihkan terlebih dahulu. Kemudian, ulat ini digoreng terlebih dahulu agar bagian luarnya menjadi renyah. Pastikan tidak menggoreng ulat sampai terlalu matang agar cairan dari tubuh kidu tetap utuh. Saat kamu memakan kidu, cairan dari bagian dalam dari ulat ini akan pecah namun begitu gurih karena bumbu tradisionalnya. Cukup menarik untuk dicoba bukan?

Diolah dari berbagai sumber

Gambar: http://www.gobatak.com/

 

Tags : Kuliner Unik , Sumatera Utara , Suku Karo , Ulat Kidu , Kuliner Ekstrim