Kenali Diabetes Retinopati Lebih Awal

Kenali Diabetes Retinopati Lebih Awal

28 Sep 2015   |   By Alfan Baedlowi   |   1723 Views

Coklatkita.com- Tahukah kamu Sobat Coklat, bahwa salah satu penyakit yang banyak menyerang orang-orang adalah kencing manis atau diabetes, ternyata, efek yang ditimbulkan sangat luar biasa merusakak tubuh, bahkan kematian. Salah satu komplikasi diabetes adalah diabetes retinopati. Kondisi ini bisa memicu kebutaan karena kerap tak disadari.

Diabetes retinopati adalah gangguan pembuluh darah yang terjadi pada retina mata pasien diabetes melitus. Ini merupakan ancaman kebutaan baru pada masyarakat produktif yang tinggal di negara berkembang.

"Diabetes retinopati diakibatkan gula darah tinggi yang memakan waktu sekitar 5 tahun dan tidak menjaga pola makan. Akibatnya terjadi perubahan maupun kerusakan pada pembuluh darah retina yang halus, dan akan menyebabkan kebocoran, akibatnya  retina membengkak dan timbul pendarahan-pendarahan pada mata," ujar dr Rumita S Kadarisman SpM di sela-sela acara 'The 1st Indonesia Society Meeting di Hotel Grand Sahid, Jl Sudirman, Jakarta Pusat, dan ditulis pada Minggu (27/9/2015).

Diabetes retinopati tidak mudah dideteksi dan sering kali tidak disadari. Para pasien sering tidak sadar penglihatannya memburam secara bertahap akibat diabetes retinopati ini. Karena itu, para pasien dianjurkan melakukan pemeriksaan mata sedini mungkin sejak mengetahui terkena diabetes.

Pada diabetes retinopati, retina akan mengalami gangguan sirkulasi udara. Apabila dibiarkan, lanjut dr Rumita, retina akan mengalami pendaharan dan muncul pembuluh-pembuluh darah baru yang menimbulkan glaukoma yang bisa mengakibatkan kebutaan.

Selain itu, luka pada jaringan pembuluh darah yang pecah bisa juga berkontraksi dan menarik retina. Akibatnya retina terlepas dan terjadi kebutaan. Untuk diketahui sekitar 60 persen pasien dengan diabetes selama 15 tahun atau lebih mengalami kerusakan pembuluh darah mata. 

Diabetes retinopati dapat disembuhkan dengan berbagai cara, tergantung stadiumnya. Apabila belum ada kelainan pada retina mata, dapat melakukan pemeriksaan setiap tahun. "Tetapi apabila telah menggangu penglihatan maka dilakukan terapi pertama yaitu laser, dilakukan  suntik,ataupun diberikan obat tetapi jika terdapat pendarahan, baru melakukan operasi," sambung dr Rumita

Kesehatan sangat mahal, itu kenapa Sobat Coklat harus pintar dalam menjaganya agar bisa terus beraktifitas dengan baik tanpa ada halangan apapun. Jadilah sehat.

detik.com

dreamstime.com

Tags :