Gabungan Kesenian Klasik dan Modern di Bali Mandara Mahalango

Gabungan Kesenian Klasik dan Modern di Bali Mandara Mahalango

7 Aug 2016   |   By Harry Zein   |   1441 Views

Coklatkita.com- Satu agenda ini rasanya wajib buat kamu datangi jika berada di Bali hingga 28 Agustus 2016. Ajang kesenian bernama Bali Mandara Mahalango III akan digelar secara meriah dengan mempertunjukan 57 “sekaa” atau sanggar dan komunitas seni yang ada di Bali, Sobat Coklat.

Bali Mandara Mahalango (BMM) ini adalah satu wadah peragaan kesenian klasik dan modern yang punya ciri khas Pulau Dewata tersendiri Sobat. Menurut Ketua Tim Kurator Petunjukan, 57 sanggar yang tampil ini terbagi kedalam jenis kesenian yang berbeda. Kolosal unggulan, seni kerakyatan unggulan, seni klasik tradisional, seni kreasi baru pilihan, seni kolaborasi, seni kolosal, seni wayang Cenk Blonk, busana teaterikal, juga kegiatan lain dari partisipan.

Bagi Kurator ini, kesenian yang ditampilkan di BMM ini termasuk kesenian pilihan yang memiliki nilai estetis yang tinggi dan juga sudah diakui kemapanannya (kemahalangoan). Serangkaian BMM ini juga akan ditampilkan di tempat lain Sobat, yaitu di Monumen Bajra Sandhi Denpasar dan di Halaman Kantor Gubernur Balik menyambut hari jadi Pemprov Bali 14 Agustus 2016 ini Sobat.

Masih dalam rangkaian BMM, tidak hanya dipentaskan di Taman Budaya Denpasar, ada juga pagelaran yang ditampilkan di panggung timur Monumen Bajra Sandhi Denpasar dan Halaman Kantor Gubernur Bali, untuk menyambut Hari Jadi Pemprov Bali pada 14 Agustus 2016.

Di Monumen Bajra Sandhi akan ditampilkan seni kolaborasi, joged bumbung, dan bondres inovatif dari 14-17 Agustus 2016. Usai Upacara Penurunan Bendera 17 Agustus, seni kolaborasi dari SMAN Bali Mandara akan menjadi suguhan lain dari kegiatan kesenian yang berlokasi di Halaman Kantor Gubernur Bali. 

Sumber: CNN Indonesia | Gambar: fleble.com, bisniswisata.co.id, beritagar.id

Tags : Bali Mandara Mahalango , Event Seni Bali , Event Pertunjukan Seni Bulan Agustus