Selagi Berkura-kura dalam Berlagu, Kini Roby Dohem Hadir Dengan Channa Tawa

Selagi Berkura-kura dalam Berlagu, Kini Roby Dohem Hadir Dengan Channa Tawa

14 Jul 2021   |   By Harimau   |   190 Views

Coklatkita.com -  Pandemi sering kali menjadi alasan bagi sebagian orang dalam menemukan hobi baru. Begitupun yang dialami oleh Roby Dohem atau akrab disapa Dohem, Bassis band Punk Turtles Jr tersebut kini tengah melakoni hobi barunya yakni memelihara ikan Channa. Ikan Channa atau dapat disebut gabus hias ini, memang tengah digandrungi oleh pecinta ikan hias. Terlebih keunikan warna dan corak tubuhnya yang dapat menjadikan harga dari ikan predator ini meroket.

            Dohem menuturkan bahwa hobi memelihara Channa ini berawal dari melihat temannya yang telah memelihara Channa terlebih dulu. Lebih lanjut,  ia menyadari keunikan dari warna yang dimilki oleh ikan predator ini, mulai dari warna kuning, merah, hingga berbagai warna dan motif yang menjadi daya tariknya.

            Saat awal memelihara Chana, Dohem mengaku sempat negalami kegagalan “ Saya mikir, Kenapa sih ikannya gampang Stress?, Oh ternyata ada trik dan ramuan khusus, kaya pake ketapang yang berguna buat nurunun ph sama ngebuat si ikan jadi nyaman” Tutur Bassis Turtles Jr tersebut. Dohem menambahkan bahwa ketika ia mempelajari mengenai ikan Channa, ia mendapati bahwa Chana termahal yang termahal itu berasal dari inda dengan jenis Chana Barca atau dijuluki sebagai Chana Sultan. Si ikan Chana Sultan ini untuk ukuran 1cm dibandrol dengan harga 1 juta, jadi menurut penuturan Dohem, jika ukuran 20-30 cm kocek yang dirogih bisa sampai 30 juta Rupiah.

            Saat ini Dohem tengeh memelihara lebih kurang 3 jenis ikan Chana yakni, marulioides yellow sentarum, red maruliodes, dan red barito. Berawal dari hanya memiliki 2 aquarium, kini Dohem telah mengoleksi setidaknya 13 aquarium yang masing-masing terisi satu ekor Channa, “satu aquarium itu ya satu ikan Channa, soliter lah ikannya kaya ikan cupang. Jadi kalo disatuin ya berantem, apalagi kalo yang lebih kecil ikannya ya pasti di bully sama si Channa.” Pungkas Dohem.

            Tak cukup dalam menikmati hobi barunya ini, Dohem pun turut “meracun” rekannya yang tadinya menjadi sales mobil kini beralih secara total berwirausaha ikan dan membuka toko di Jalan Peta, Kota Bandung. Hal tersebut cukup mengagetkan bagi Dohem “Pertama dia beli ikan 2 beli 3, jadi banyak aja. Sekarang jadi jualan, malah jadi lebih pinter dari saya. Dia bener-bener total fokus” Ungkap Dohem pada tim Coklat Kita. Dirasa tak cuukup  perbincangan tim Coklat kita dengan Dohem melalui saluran telefon, ia pun turut mengundang tim Coklat Kita untuk menyambangi toko ikan milik rekannya tersebut. Kira-kira seperti apa koleksi Ikan milik Dohem dan Toko Ikan milik rekannya? Simak pada postingan berikitnya ya Sobat Coklat.

Transkripsi : Ikhlas Romadon

 

Tags :