Kecoa Bisa Evakuasi Korban Gempa!

Kecoa Bisa Evakuasi Korban Gempa!

14 Apr 2016   |   By Karolina Ketaren   |   1430 Views

Coklatkita.com- Sobat Coklat mengidentikan kecoa dengan lingkungan yang kotor? Atau dengan penyakit yang bisa disebabkan oleh hewan ini? Pandangan ini ternyata tidak berlaku untuk para peneliti yang sengaja membuat robot berbentuk kecoa Sobat. Lantas apa gunanya alat yang menyerupai serangga merugikan ini?

Sobat, dengan mempelajari pola hidup kecoa, akhirnya peneliti menyepakati kalau kecoa adalah model yang cocok untuk dijadikan robot kecil. Kelak, saat terjadi bencana seperti gempa bumi, robot kecoa ini bisa membantu proses evakuasi korban. Robot yang persis berukuran sebesar kecoa ini tentu tentu mempunyai kemampuan menyusuri celah kecil atau kolong-kolong tangga seperti kecoa. Robot ini juga akan dengan mudah melewati reruntuhan bangunan untuk mendeteksi korban yang masih hidup.

robot kecoa 1

robot kecoa 2

Peneliti dari University of California, Berkley ini menemukan bahwa kecoa asli mempunyai keunggulan dapat berlari cepat dan menahan 900 kali beban dari berat badan mereka tanpa luka sedikitpun Sobat. Seperti kecoa, robot yang dirancang oleh Kaushik Jarayam dan Robert J. juga disiapkan untuk tangguh di berbagai medan nanti Sobat Coklat. Kecoa buatan ini juga telah dilengkapi dengan mikrofon, kamera, dan sensor pelengkap lainnya Sobat, sehingga sangat memungkinkan untuk mendeteksi para korban yang tertimpa reruntuhan bangunan.

Bukan hanya itu saja Sobat, robot ini juga bisa mendeteksi jalur yang aman untuk dilalui penyelamat korban nanti. Sebelum pembuatan robot kecoa ini, cacing dan siput juga telah diujicobakan untuk Sobat, tapi nampaknya kecoa memenuhi kriteria tersebut. Punya inspirasi baru selain dari kecoa Sobat Coklat?

Sumber: cnn indonesia | Gambar: ukrainianiphone.com, zonalima.com dan cnnindonesia.com

Tags : Robot Kecoa , Teknologi Gempa Bumi