10 Kuliner Ala Cirebon (2)

10 Kuliner Ala Cirebon (2)

13 Sep 2015   |   By Alfan Baedlowi   |   1996 Views

Coklatkita.com- Berikut adalah beberapa kuliner yang sangat sayang jika dilewatkan ketika berkunjung ke Cirebon.

Mie Kocok

Mie koclok sendiri merupakan mie rebus yang disajikan dengan siraman kuah kental, irisan daun bawang, kol, taoge, telur rebus, suwiran daging ayam, teburan bawang goreng serta merica dan sambal merah di salah satu sisinya. Cara menikmatinya, harus diaduk terlebih dahulu hingga tercampur rata. Rasanya memang cukup unik, gurih, pedas dan sedikit asin terasa nikmat saat disruput bersama kuahnya yang kental. Sebagai teman minum, bisa dipilih teh yang menjadi penawar rasa pedasnya.

Docang

Docang ini adalah makanan khas Cirebon yang terdiri dari lontong, daun singkong, tauge dan kelapa parut yang disiram dengan kuah yang dicampur oncom atau dikenal dengan dage ini, dan diberi kerupuk.Boleh dibilang mirip lantog sayur, namun kuah oncom yang panas serta parutan kelapa yang ada di dalam makanan ini memberikan rasa yang boleh dibilang unik. Pertama sang bapak memarut kelapa, lalu ditambahkan bahan-bahan lainnya yang tadi saya sebutkan diatas, kemudian makanan ini disiram dengan kuah oncom panas. Begitu mencicipi, terasa agak aneh tapi enak.Menurut saya ini adalah salah satu makanan yang patut Anda coba jika mengunjungi Cirebon.

Gado-Gado Prujakan

Sebelum memesan gado-gado ini, sebaiknya perut kita dalam keadaan benar-benar lapar kalau kita bukan tipe orang yang memiliki perut dengan kapasitas besar. Pasalnya, gado-gado ini disajikan dalam porsi cukup besar yang bisa dinikmati untuk 2 orang. Aneka macam sayuran rebus seperti kacang panjang, kangkung, bayam, kol dan kentang berpadu dengan mentimun, telur, tahu dan juga mie kuning dalam seporsi gado-gado. Tak lupa bumbu kacang melimpah yang menyelimuti sayuran tersebut, namun penambahan kuah santan pada bumbu kacangnya disebut-sebut sebagai kunci kelezatan dari gado-gado ini. Ditambah lagi dengan kerupuk yang ditaruh di dasar piring dan gimbal udang merupakan salah satu ciri khasnya. Jangan lupa untuk memesan yang pedas, bumbu yang meresap ke dalam sayurnya memang nikmat, dan rasa pedasnya semakin menambah nafsu makan. Biasanya gado-gado ini juga disajikan dengan potongan lontong, namun kalau tidak suka dengan lontong bisa juga diganti dengan nasi putih yang disajikan secara terpisah.

Mie SP

Nah, kalo kudapan yang satu ini luar biasa enaknya. Cocok untuk kamu yang penyuka pedas. Mie SP sendiri adalah singkatan dari Spesial Pedas. Jadi, otomatis rasanya pun pedass. Rasa pedasnya pun memiliki level atau tingkatan-tingkatan sendiri. Mie SP ini banyak macamnya, ada yang memakai keju, kornet, sosis, dll. WAJIB di coba jika kamu berkunjung ke Cirebon

Kue Tapal

Untuk membuat crapes, mbak Lena menggunakan wajan besi yang ditaruh di atas tungku dan sesekali menggosoknya dengan batu karang untuk menghilangkan kerak yang tersisa. Setelah wajan cukup panas, adonan tepung dan kelapa yang lembek dioleskan membentuk lingkaran di atas wajan. Lalu ditambahkan ketan kukus dan tipiskan hingga merata diatasnya. Dan setelah itu, baru setengah pisang ditaruh diatasnya beserta gula merah. Kemudian wajan ditutup dan dibiarkan beberapa saat hingga matang dan gulanya meleleh. Tak selang berapa menit, aroma wangi dan sedikit gosong dari kelapa dan ketan mulai tercium keluar. Dengan cekatan, mbak Lena pun melumatkan gula bersama gula di atas wajan, dan tutup kembali. Setelah benar-benar matang, barulah crapes dilipat dan diangkat.

beritaperut.com

Tags :