Silaturahmi Budaya (SILABUD) di Lombok

Silaturahmi Budaya (SILABUD) di Lombok

21 Jun 2015   |   By Sheisa Sastaviana   |   2616 Views

coklatkita.com - Silaturrahmi Budaya (SILABUD) adalah sebuah kegiatan yang diselenggarakan selama bulan Ramadhan yang dikemas dengan pementasan musik religius dari kelompok musik etnik Ki Ageng Ganjur pimpinan DR. Zastrow al Ngatawi bersama Fadly 'Padi'. Mulai 22 Juni 2015, SILABUD akan hadir di Pulau Lombok dan berlangsung di beberapa pondok pesantren diantaranya Pondok Pesantren NU Nurusshobah Batu Nyala Lombok Tengah, Pondok Pesantren NW Darul Hikmah Tanak Beak Narmada Lobar (23/6), Kampus STIT NU Danger dan GOR Hamzanwadi Yayasan Pendidikan Hamzanwadi Pondok Pesantren Darunnahdlatain NW Pancor, Lombok Timur pada 24 dan 26 Juni.

SILABUD Lombok

Menurut Zastrow, SILABUD merupakan bentuk dakwah seni agar kaum muda bisa memahami keberagamaan dengan beragam cara. “Begini cara kami berdakwah mengikuti para wali terdahulu.” Jelas Zastrow, Ketua Lembaga Seni Muslim Indonesia - Lesbumi. Kegiatan di Pulau Lombok ini sudah berlangsung sejak 2009 lalu dan mendapat respon positif dari masyarakat khususnya di kalangan pesantren. Tahun ini, kegiatan SILABUD dilanjutkan kembali hingga Pulau Sumbawa.

Konsep acara SILABUD diawali di sore hari menjelang berbuka dengan membagikan ta’jil untuk warga di area pesantren. Kegiatan malam harinya usai shalat tarawih dengan pementasan musik religi yang menampilkan Fadly 'Padi' diiringi Ki Ageng Ganjur dan diisi tausiah oleh DR Zastrow al Ngatawi. Diharapkan melalui event SILABUD ini, akan makin mempererat persatuan dan kesatuan Nusantara yang kaya akan keberagaman. ***

 

 

 

Diolah dari Kampung Media