5 Trik Menghemat Listrik

5 Trik Menghemat Listrik

14 Sep 2015   |   By Karolina Ketaren   |   1711 Views

coklatkita.com- Adanya energi listrik tentu sangat memudahkan pekerjaan manusia. Namun, pernahkah Sobat Coklat kaget saat menerima tagihan listrik yang membengkak? Untuk pemakaian listrik yang boros, hal ini menjadi tidak aneh. Namun, tentu tidak ada salahya jika kita menghemat penggunaan listrik di rumah kan? Berikut tips menghemat listrik yang bisa kamu lakukan.

Matikan televisi ketika hendak tidur

Selepas lelah bekerja seharian, mungkin sebagian dari Sobat Coklat  menghabiskan waktunya untuk menonton acara di televisi. Tak jarang mungkin, kamu lupa mematikan televisi sebelum tidur. Bayangkan jika setiap hari hal itu terulang. Berapa volt yang dihabiskan untuk televisi yang menyala semalaman? Jelas membuat tagihan listrik membengkak bukan?

Menghindari menyimpan makanan panas ke kulkas

Banyak orang mempercepat makanan supaya ingin dengan memasukannya ke kulkas. Contohnya puding yang baru saja dimasak. Tak peduli sekalipun makanan itu bersuhu panas. Tapi ternyata hal ini membuat kulkas lebih bekerja keras mendinginkan makanan tersebut. Sebaiknya, Sobat Coklat lebih menunggu sampai makanan panas menjadi hangat bahkan bersuhu netral. Selain menghemat listrik juga mencegah kerusakan pada kulkas.

Nyalakan lampu seperlunya

Pada siang hari, Sobat Coklat bisa memanfaatkan sinar matahari untuk menyinari ruangan. Buka jendela rumah kamu untuk memberikan penerangan ruangan. Selain membunuh bakteri dengan membantu memberikan panas alami di ruangan. Membuka jendela bermanfaat untuk memberikan udara segar baru pada ruang-ruang rumah kamu.

Persingkat waktu memasak nasi

Untuk Sobat Coklat yang memasak nasi dengan menggunakan rice cooker, kamu bisa menghemat listrik dengan memasak menggunakan air panas. Tentu ini juga dapat menolong kamu mempersingkat waktu untuk memasak bukan?

Lepas charger bila tidak digunakan

Banyak dari kita berpikir jika charger handphone atau laptop tidak bekerja jika hanya dihubungkan ke sumber listrik. Faktanya, saat sudah tidak digunakan untuk mengisi daya pada barang eletronik, charger tersebut masih menghisap aliran listrik. Jadi sebaiknya, cabut charger untuk alat elektronik saat tidak digunakan ya!

Sumber Gambar: belkinwemo.tumblr.com

Tags : sehat , hemat energi , solusi , listrik