Satu-Satunya Pilot Wanita Tanpa Tangan

Satu-Satunya Pilot Wanita Tanpa Tangan

30 Oct 2015   |   By Alfan Baedlowi   |   2556 Views

Coklatkita.com- Sobat Coklat pernah berpikir bagaimana jika seorang pilot tidak mempunyai tangan? Padahal tangan adalah bagian tubuh yang paling penting dalam menerbangkan pesawat. Itulah kenapa hanya satu nama yang akan disebutkan jika berbicara tentang pilot yang tidak mempunyai tangan, dia adalah Jessica Cox. Wanita kelahiran 1983 ini menggunakan kaki untuk mengendalikan pesawat dalam penerbangan solo nya. 

Wanita keturunan Filipina ini telah berhasil memberdayakan kedua kakinya dengan sangat baik, bahkan melebihi kemampuan kaki pada orang normal. Bahkan di usia belia, Jessica juga  mendapat sabuk hitam Tae Kwon Do dan sudah mampu menyetir sendiri. 

Jessica mempunyai mimpi masa kecilnya yaitu ingin terbang tinggi di angkasa sehingga ia ingin menjadi Superwoman, dan benar saja, kesempatan itu datang juga akhirnya ketika seorang pilot bernama Robin Stoddard menawarkannya untuk terbang dengan pesawat. Benar-benar di luar bayangannya, dan hampir tidak masuk akal baginya, karena dirinya tidak memiliki tangan.

Tidak ingin kehilangan moment emas, akhirnya dia memberanikan diri dan berlatih menjadi seorang pilot. Jessica berlatih menggunakan pesawat ringan model Ercoupe tahun 1940. Pesawat dengan system terbang sederhana ini hanya mengandalkan tangan, tanpa menggunakan pedal, sehingga pas dengan kondisinya. 

Pada Oktober 2008, Jessica mendapat izin terbang pesawat sport dari US Federal Aviation Administration. Tidak berhenti di situ. Saat ini Jessica bukan hanya sebagai pilot, namun juga berperan sebagai instruktur.