Buang Sial Dengan Ritual Seblang di Banyuwangi

Buang Sial Dengan Ritual Seblang di Banyuwangi

16 Oct 2015   |   By Alfan Baedlowi   |   1884 Views

Coklatkita.com- Sobat Coklat pernah bertandang ke Banyuwangi? Atau malah memag berasal dari Banyuwangi? Ternyata, daerah yang sudah sangat dekat Bali ini mempunyai tarian adat yang penuh mistis. Seblang namanya. Tarian ini bertujuan untuk membuang sial dan mendatangkan kebaikan untuk orang-orang suku Osing.

Jika dirunut secara langsung, tari Seblang ini belum jelas asal muasalnya, tapi beberapa sumber menyampaikan bahwa Tari Seblang mempunyai kesamaan dengan Tari Sintren yang ada di Cirebon atau ritual Sanghyang yang adaa di Bali.

Masyarakat Osing yang rata-rata menempati daerah Banyuwangi percaya bahwa Seblang berasal dari kata “Sebele Ilang” atau mempunyai arti sialnya hilang.

Beberapa hal unik dalam tarian ini adalah, semua penari Seblang dipilih secara acak oleh dukun setempat dan dengan catatan bahwa penari tersebut memang mempunyai garis keturunan penari juga, entah dari ibu, nenek dan sebagainya. Selain itu Tari Seblang hanya ada di dua desa yaitu Desa Olesari dan Desa Bakungan. Kedua desa ini mempunyai perbedaan dalam melakukan ritual Seblang, entah dari waktunya atau para penarinya

Hal unik lainnya adalah pada mahkota para penarinya yang terbuat dari pelepah pisang yang disuwir, hingga menutupi sebagian wajah penari dan diatasnya terdapat beberapa macam bunga dengan warna mencolok sperti merah, kuning dan lainnya yang disebut Omprok.

Konon, jika tarian ini ditinggalkan, maka musibah akan datang ke kedua desa tersebut. Sebagai contoh, pada tahun 1960-an Tari Seblang sempat tidak dilakukan dengan alasan keamanan dan politik pada saat itu, dan benar saja, beberapa saat setelah itu banyak warga yang kesurupan, dan sejak saat itu upacaraSeblang selalu diadakan.

Indonesia memang unik ya Sobat Coklat?

Banyuwangibagus.com

Tags :