Optimalkan Gizi dengan 5 Cara Masak Ini!

Optimalkan Gizi dengan 5 Cara Masak Ini!

12 Jul 2016   |   By Ketaren K.   |   1100 Views

Coklatkita.com- Sobat, bagaimana caranya kamu mendapatkan masakan yang berkualitas? Membeli, memasak dengan bantuan pembantu di rumah, atau mungkin memasaknya sendiri? Nah Sobat, ternyata cara memasak yang salah bisa mengurangi kadar gizi dari bahan makanan. Contoh dari kesalahan tersebut, makanan tidak matang bahkan dimasak terlalu matang. Berikut ada beberapa cara memasak dengan tetap menjaga gizi dari makanan. Yuk simak Sobat.

Menggoreng

Sobat, penting untuk memperhatikan suhu minyak saat akan menggoreng. Jika kamu akan menggoreng sesuatu pastikan minyak dalam keadaan panas. Perhatikan juga agar minyak tidak berasap dan mengeluarkan bau gosong Sobat. Selain dari menjaga rasa dari masakan, menggoreng dengan suhu yang pas ternyata bisa menjaga kadar protein dalam makanan untuk tetap optimal Sobat.

ilustrasi menggoreng

Merebus

Sebelum merebus sesuatu, Sobat Coklat perlu memperhatikan bahan apa yang akan dimasak. Misalnya untuk merebus sayuran, gunakan air setengah dari volume sayuran. Jangan membiarkan gizi pada sayuran larut terbuang begitu saja Sobat. Satu lagi, kamu bisa menggunakan air rebusan sebagai kaldu untuk bahan kuah sayur juga.

Memanggang

Nah Sobat, untuk memanggang dengan cara cepat kamu bisa menggunakan microwave terlebih dahulu. Tidak butuh waktu yang lama lagi untuk membuat daging matang Sobat. Setelah 2 menit terpanggang, kondisi daging menjadi setengah matang. Sepertinya hal ini agak remeh untuk dilakukan ya Sobat? Tapi tidak begitu ternyata, dengan cara ini kamu bisa mengurangi resiko amina heterosiklis yang terjadi akibat terlalu lama memanggang daging.

ilustrasi merebus

Menumis

Ketika Sobat Coklat menumis makanan, baiknya kamu memotong kecil atau mengiris sayuran dengan tipis. Hal ini penting kamu lakukan agar masakan cepat matang Sobat. Untuk menumis jangan lupa untuk menggunakan sedikit minyak goreng di atas wajan dengan api yang cukup besar ya Sobat.

Membakar dalam oven

Sobat, untuk kamu yang sedang menghindari banyak lemak, gunakan kertas roti untuk menggantikan mentega. Dengan melapisi loyang kue dengan kertas roti tadi makanan yang lebih sehat bisa kamu dapatkan Sobat Coklat.

Sumber: Intisarionline.com | Gambar: dumaipos.co, kotakgame.com, dan ciricara.com

Tags : Tips Memasak , Masakan Sehat