Tips Memilih Durian The King of Fruit

Tips Memilih Durian The King of Fruit

9 Feb 2016   |   By SHEISA SASTAVIANA   |   1196 Views

coklatkita.com - Bagi Sobat Coklat pecinta durian, rasa yang manis dan aroma yang kuat adalah daya tarik yang membuat ketagihan ingin terus menyantap buah yang dijuluki The King of Fruit ini. Saat ini, mulai dari pasar tradisional hingga di dalam pusat pertokoan modern, menjual buah berduri ini. Perburuan untuk mencari kualitas buah yang legit di lidah menjadi satu tantangan sendiri! Simak tips berikut ini supaya Sobat Coklat tidak salah memilih buah durian.

#1. Jangan Lihat Fisik

Buah durian memiliki warna hijau, kuning, hingga kecokelatan. Setiap warna buah belum tentu merepresentasikan kualitas dagingnya. Warna hijau tidak selalu belum matang, begitu pun warna kuning juga belum tentu telah matang. Namun khusus durian lokal atau yang tumbuh di Indonesia, hijau merupakan pertanda bahwa buah telah matang.

#2. Bunyi Durian

Untuk memilih buah durian bisa ditentukan dari bunyi durian yang dipukul-pukul. Jika durian berbunyi mendem berarti itulah durian yang siap untuk disantap. Sementara jika berbunyi kencang ketika dipukul, berarti durian masih belum matang.

#3. Tangkai Buah

Buah durian yang jatuh langsung dari pohon memiliki kualitas daging yang matang. Durian berkualitas baik jika diambil ketika jatuh, bukan dipaksa dipetik dari pohon. Jika buah dipetik dari pohon, maka akan terlihat tangkainya tidak rata. Hati-hati jika tangkainya halus, maka buah tersebut dipotong menggunakan pisau dari pohonnya.

#4. Perhatikan Musim

Musim ketika tumbuh juga mempengaruhi kualitas daging. Jika durian yang dihasilkan ketika musim hujan biasanya daging durian akan gagal mencapai kualitas terbaik. Musim yang disarankan untuk melahap kelegitan buah ini adalah ketika musim kemarau.

#5. Aroma Durian

Sambil melihat fisik durian, cobalah juga Sobat Coklat mencium wanginya. Buah durian yang matang, walaupun belum dibuka kulitnya, aromanya pasti akan langsung tercium hanya dengan mendekatkannya ke hidung. Jika sudah tercium wanginya, berarti durian itu sudah matang.

Selamat berburu buah durian! ***

 

 

 

 

Source: KOMPAS Travel

Tags : durian , the king of fruit , durian indonesia , tips memilih durian