Tips Sehat Bulan Ramadhan

Tips Sehat Bulan Ramadhan

5 Jun 2018   |   599 Views

Sobat coklat, tentunya ga mau kan puasanya jadi lemes. Nah kira-kira apa aja sih yang mesti dilakuin biar puasanya tetep bugar? Ga asik juga kan bulan puasa ini sobat coklat keliatan lemes dan kurang bergairah. Simak beberapa tips biar puasa sobat coklat tetep sehat dan semangat. Jadi gak ada lagi ceritanya puasa kamu lemes. 

Mengakhirkan saur

Mengakhirkan saur berfungsi agar tubuh memiliki tenggang waktu yang cukup guna membakar makanan, untuk diubah menjadi energi, sehingga badan ga mudah lemes pada siang hari. Mengakhirkan saur juga merupakan salah satu sunnah Nabi sob!

Tidur Cukup

Usahakan untuk cukup tidur agar sel-sel organ tubuh dapat pulih kembali, baik siang maupun malam. Walaupun kebutuhan tidur setiap orang berbeda, usahakan tidak berlebihan ya sobat coklat!

Berbuka dengan makanan dan minuman manis

Mengawali dengan makanan atau minuman manis, selain merupakan perintah Rasulullah, asupan makanan manis untuk perut dalam keadaan kosong akan lebih diterima dan bermanfaat bagi anggota tubuh, untuk mengembalikan energi yang telah hilang setelah seharian berpuasa.

Hindari minum air dingin atau es

Menghindari air dingin/es artinya menghindari perut dari kembung. Tidak dianjurkan juga meminum minuman manis dengan pemanis buatan, karena pemanis jenis ini tidak mengandung kalori, sehingga energi tidak akan terganti walaupun perut kenyang. Berbeda jika sobat coklat yang beraktivias lebih/ berat sehingga keluar keringat berlebihan, dianjurkan minum air putih biasa (tidak hangat) agar bisa diserap tubuh lebih cepat.

Mengurangi Konsumsi Kopi, Teh, dan Minuman Bersoda

Hindari minum kopi dan soda karena bisa membuat kamu sulit tidur, dan akan menimbun banyak lemak.

Mengkonsumsi makanan berserat

Memperbanyak makan sayur dan buah saat berbuka atau sahur, selain mengurangi kekeringan tubuh, tubuh juga dapat menahan rasa lapar lebih lama dengan makanan berserat. Hal ini karena tubuh memerlukan waktu lebih lama untuk mencerna makanan berserat.

Berolahraga ringan

jangan sampai puasa bikin sobat coklat malas berolahraga. Olahraga ringan sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan tubuh. Olahraga bisa diakukan pada pagi hari, misalnya jalan, lari ditempat , bersepeda atau senam.Aktivitas pada bulan puasa dapat merangsang pengeluaran hormon-hormon anti insuli, yang berfungsi melepas gula darah dari simpanan energi, sehingga kadar gula darah tidak menurun sehingga tubuh tetap bugar sepanjang hari.

Menggosok Gigi Saat Sahur dan Sebelum Tidur

berpuasa, tubuh akan membakar cadangan lemak sebagai energi utama dan mampu meningkatkan kadar keasaman darah. Hal itulah yang membuat nafas menjadi berbau tidak sedap. Salah satu cara untuk mengurangi bau mulut yang tidak sedap, jangan sampai lupa untuk menjaga kesehatan mulut dengan cara menggosok gigi setelah sahur dan sebelum tidur malam.

Kurangi dan hindari stress

Salah satu penelitian mengatakan bahwa stres bisa memengaruhi kesehatan pencernaan, khususnya usus. Para peneliti berpendapat bahwa stres bisa membuat usus meradang yang akan mengganggu sistem saraf parasimpatis, yaitu sistem yang berfungsi untuk mengontrol gerakan usus. Maka dari itu, hindari berbagi hal berbau stress yang bisa mengancam kesehatan pencernaan saat berpuasa. 

Sumber foto : https://cdn.hellosehat.com

Tags :