Trik Cerdik Hemat Paket Data Android!

Trik Cerdik Hemat Paket Data Android!

5 Jan 2017   |   By Ulina K.   |   1127 Views

Coklatkita.com- Sobat, menurut kamu benar tidak kalau semua fungsi ponsel zaman dulu seperti berkirim pesan dan menelepon sudah bergantung pada ponsel pintar melalui paket data? Nah Sobat, kekurangan dari sistem komunikasi ponsel pintar ini yaitu paket data ternyata dapat berkurang dengan sendirinya, tanpa digunakan sekalipun. Berikut ini ada tips yang bisa dilakukan untuk menghemat paket data smart phone, Sobat Coklat.

Saat tidak dibutuhkan matikan koneksi internet dan fitur auto-sync

Inilah langkah sederhana yang bisa kamu lakukan Sobat, yaitu memakai koneksi paket data saat kamu membutuhkannya saja. Saat kamu butuhkan, kamu hanya tinggal menyalakannya saja dengan menyentuh opsi sambungan data pada smartphone kamu. Begitu juga dengan fitur auto-sync ini terhubung langsung dengan akun google kamu. Saat Sobat merasa tidak perlu menggunakan fitur ini, matikan saja. Fitur ini menyedot banyak paket data, Sobat.

Matikan fitur auto-update google play

Fitur ini berjalan seiring berubahnya versi dari aplikasi ponsel pintar yang Sobat Coklat gunakan. Fitur auto-update ini juga akan memakan paket data kamu secara berlebih Sobat. Untuk mematikan layanan ini caranya mudah, buka aplikasi google play, pilih menu setting atau pengaturan kemudian matikan auto-update apps.

Manfatkan jaringan wi-fi

Jika ada jaringan wi-fi tersedia, mengapa harus mengaktifkan paket data bukan Sobat? Itulah yang terbesit di pikiran banyak orang saat harus menghemat paket data. Nah, di kala berada di tempat yang menyediakan jasa sambungan internet gratis jangan lupa untuk ikut memanfaatkannya juga Sobat.

Kenakan aplikasi browser yang tepat

Salah satu yang menyebabkan paket internet Sobat Coklat boros adalah aplikasi pencarian. Gunakan aplikasi browser cepat seperti Opera Mini ataupun UC Browser adalah solusi untuk menghemat paket internet Sobat.

Ubah resolusi video dalam aplikasi YouTube

Untuk Sobat yang mempunyai kebiasaan menonton video melalui aplikasi Youtube, tentu paket data akan cepat borosnya bukan? Salah satu cara menghematnya yaitu dengan menurunkan resolusi video, Sobat. Caranya sangat mudah, buka aplikasi youtbe pilih menu quality, kemudian ubah resolusi Youtube menjadi lebih kecil sesuai keinginan tentunya.

Matikan fitur auto-download dalam aplikasi chating

Sobat Coklat, aplikasi chatting seperti Whatsapp memiliki fitur auto-downloading. Dengan layanan tersebut secara otomatis gambar, video, suara akan terunduh. Jika ingin menghemat paket data, baiknya kamu menonaktifkan auto-downloading pada setelan  Whatsapp kamu, Sobat Coklat. 

Sumber: Intisari Online Gambar: pcadvisor.co.uk, inovasipintar.com, xl.co.id

Tags :