Berwisata di Kota Tua Jakarta

Berwisata di Kota Tua Jakarta

15 Jun 2015   |   By Sheisa Sastaviana   |   1571 Views

coklatkita.com - Kota Jakarta menyimpan begitu banyak cerita bersejarah. Peninggalan bernilai historis tersebut masuh bisa ditemui oleh Sobat Coklat di kawasan Kota Tua yang menjadi landmark Jakarta hingga saat ini. Adalah Museum Fatahilah yang menyimpan lebih dari 25.000 koleksi benda bersejarah, seperti prasasti, meriam, patung, mebel antik, hingga gerabah dan keramik. Pada masa penjajahan Belanda, bangunan ini berfungsi sebagai balai kota, pengadlan, dan penjara bawah tanah. Bahkan lapangan Fatahilah yang berada di depan bangunan merupakan tempat mengeksekusi tahanan. Di Museum Fatahilah, Sobat Coklat bisa menelusuri sejarah Kota Jakarta dari masa pra-sejarah hingga berdirinya Kota Jayakarta pada 1527.

Tempat lainnya yang menarik untuk Sobat Coklat kunjungi di Kawasan Kota Tua adalah Pelabuhan Sunda Kelapa. Pelabuhan ini merupakan jalur yang menghubungkan Inodnesia dengan dunia luar pada masa penjajahan karena banyak kapal dari luar negeri yang singgah untuk berdagang. Keberadaan Pelabuhan Sunda Kelapa terkenal dari masa ke masa, mulai dari Kerajaan Pajajaran, hingga masa penjajahan Belanda.

Masih dari sekitar Kawasan Kota Tua, sebuah bangunan berwarna merah terang yang dikenal sebagai Toko Merah bisa dijumpai oleh Sobat Coklat. Meskipun tempat ini tidak dibuka untuk umum, tapi keaslian bangunan ini masih sangat terjaga. Toko Merah merupakan rumah milik Baron Van Imhoff seorang Gubernur Jenderal VOC yang juga pendiri Istana Bogor. Kali lain Sobat Coklat berkunjung ke Jakarta, Kawasan Kota Tua bisa menjadi alternatif tempat menarik untuk dikunjungi. ***