Mengendarai Motor Tanpa Jaket? Ini Bahayanya

Mengendarai Motor Tanpa Jaket? Ini Bahayanya

29 Aug 2015   |   By Karolina Ketaren   |   1373 Views

coklatkita.com- Motor, kendaraan ini dinilai banyak orang sebagai solusi di tengah kemacetan jalan. Karena kepraktisannya, banyak pengendara motor yang sering mengabaikan keselamatannya. Contoh, pergi tanpa pelindung kepala ataupun jaket sebagai pelindung tubuh. Para pengguna motor yang jelas tidak mengenakan helm pasti mendapat sanksi tilang. Namun jika tidak mengenakan jaket? Tentu tak ada penilangan Sobat Coklat, hanya inilah beberapa akibatnya:

Tubuh Menjadi Tidak Fit

Terpaan angin kencang saat mengendarai motor ternyata bisa menurunkan tingkat konsentrasi seseorang. Bahkan kondisi kesehatan akan menurun selepas menaiki motor tersebut. Namun, hal itu masih cukup ringan dan dapat dibantu dengan mengkonsumsi vitamin C, B, dan A.

Selain itu, suhu tubuh seseorang pengguna motor yang tidak menggunakan jaket bisa menurun. Suhu tubuh normal manusia berada pada 35-36 derajat celsius. Saat mengendari motor tanpa jaket, tubuh akan memproteksi diri dengan menaikan suhu tubuh. Darah akan disuplai secara terus menerus ke daerah dada sehingga suhu tubuh normal kembali. Tapi, jika terus berlanjut, hal ini bisa mengakibatkan penumpukan cairan di paru-paru yang nantinya bisa memicu infeksi pada saluran pernafasan.

Menyebabkan Kanker

Mengendarai motor tanpa jaket ternyata juga bisa memicu penyakit kanker, terutama paru-paru. Saat pengendara tanpa jaket melintasi kota, tentu polusi udara bisa menyentuh badan secara langsung. Zat berbahaya di udara dan kekurangan oksigen dalam jangka panjang bisa meningkatkan resiko kanker terutama, kanker paru-paru.

Terserang Penyakit Paru-Paru

Beberapa penyait yang bersumber dari kurang sehatnya paru-paru manusia beberapanya adalah paru-paru basah (pneumonia), TBC (tuberculosis), dan ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan Akut), dan Bronkitis (infeksi pada lapisan bronkus di paru-paru).Ternyata cukup penting bukan mengenakan jaket saat berkendara? Yuk, peduli kesehatan dengan menjaga diri Sobat Coklat saat berkendara dengan mengenakan jaket tentunya.

Disarikan dari halosehat.com

Sumber Gambar: www.mpm-motor.co.id

Tags :