Setelah Tambang, Timbul Kecantikan!

Setelah Tambang, Timbul Kecantikan!

3 Nov 2016   |   By K. Ketaren   |   1681 Views

Coklatkita.com- Beberapa penggalian tambang biasanya meninggalkan perubahan alam bukan Sobat Coklat? Salah satunya dampaknya yaitu cerukan tanah yang berubah menjadi danau. Nah Sobat, salah satu tempat indah nan eksotis sisa penggalian tambang ini bisa kamu lihat dari Danau Kaolin Desa Nimbung, Kabupaten Bangka Selatan.

Dengan menempuh jarak 70 kilometer dari Bandara Depati Amir Pangkalpinang, kamu bisa melihat kondisi baru dari alam akibat aktifitas penggalian tambang kaolin. Bukan kerusakan, namun kolam air beraneka warna yang menjadi daya tarik baru para wisatawan Sobat Coklat. Tepatnya ada dua kolam berwarna biru dan hujang dengan luas seperti lapangan sepak bola yang bisa memanja mata dan lensa kamera Sobat Coklat.

Terciptanya kolam kedua warna dari kolam ini konon terjadi akibat radiasi logam radioaktif sisa galian tambang Sobat. Diduga radiasi bekas tambang sangat membahayakan kesehatan dan mengandung racun. Alasan itu memyebabkan pemerintah daerah melarang pengunjung untuk mandi ata menggunakan air Danau Kaolin Sobat Coklat.

Meskipun begitu, tingkat kunjungan wisatawan ke Danau Kaolin masih sangat tinggi Sobat Coklat. Fenomena alam ini memang begitu memanjakan mata para wisatawan yang bisa memasuki kawasan ini tanpa dipungut biaya. Tambahan Sobat, ketika menyusuri daratan di sekitar Danau Kaolin, pengunjung disarankan agar berhati-hati. Kondisi tanah yang rapuh dikhawatirkan bisa menyebabkan kelongsoran.

Setelah puas mengitari danau, bersantai sejenak sembari menikmati pemadangan tentunya sangat bisa Sobat Coklat. Tak jauh dari kawasan danau, beberapa pondok menyediakan makanan dan minuman kelapa buat menemani kamu!

Sumber: travel.kompas.com | Gambar: hipwee.com, okezone.com, brobali

Tags : Danau Kaolin , Wisata Bangka