Eksis Dari Tahun 1986, Gerobak Mie Ayam Kok Biru Semua?

Eksis Dari Tahun 1986, Gerobak Mie Ayam Kok Biru Semua?

8 Mar 2022   |   By Harymau   |   524 Views

COKLATKITA.COM - Kuliner hasil modifikasi dari berbagai hidangan mie yang pada akhirnya melahirkan mie ayam, sebagai kuliner yang nikmat, dan mudah kita temui di tiap tempat dengan gerobak dorong berwarna biru, pertama kali lahir di Wonogiri sekitar tahun 1985-1986. Tapi Kenapa warna biru ya Sobat, apa ada makna warnanya?

Soal warna biru pada gerobak mie ayam ini ternyata banyak versinya loh sobat, hmmm apa ini termasuk sebuah konspirasi? 

 

Versi pertama cukup sederhana sobat, awalnya ada seorang pedagang mie ayam yang mau mengecat gerobaknya tapi hanya mampu beli satu warna dan biru lah yang terpilih. hingga akhirnya dagangan pun laris manis dan memikat banyak masyarakat Wonogiri untuk berjualan mie ayam dan dengan warna gerobak yang sama. 

 

Berbeda dari versi pertama, alasan yang kedua ini cukup ilmiah Sobat, Bramantyonagas salah satu anggota forum Kaskus menjelaskan kalau warna biru punya panjang gelombang yang lebih pendek dari warna lain, hasilnya membuat warna ini cukup sulit ditembus partikel gas dan debu, jadi gerobak bakal keliatan bersih walau dipakai keliling seharian.

 

Kalo versi ketiga ini cukup teknis sih Sobat, soalnya berkaitan dengan pembuatan mie yang berbahan dasar tepung, menjadi peluang para S3 marketing merek tepung untuk mendanai panjual mie ayam supaya mengecat gerobaknya agar sesuai dengan warna kemasan tepung dari merek tersebut yang berwarna biru.

 

Tapi dari tiap "konspirasi" warna gerobak mie ayam, nyatanya gak semuanya warna biru kok sobat. Banyak yang pake warna kuning, coklat, merah, atau bahkan di plitur biar nunjukin tekstur kayunya.

 

 

Tags :