Ingin Sukses? Lakukan 3 Hal Ini!

Ingin Sukses? Lakukan 3 Hal Ini!

13 Jan 2017   |   By Ulina K.    |   1045 Views

Coklatkita.com- Sobat, ada banyak cara untuk menjadi sukses? Namun langkah awal dari orang sukses adalah menjadi pengamat dari orang yang terlebih dahulu berhasil darinya bukan? Untuk menemukan faktor kesuksesan seseorang, Michael Simmons sebagai Co founder of Empact memperhatikan dan meneliti jejak rekam dari para pribadi sukses dunia seperti Elon Musk, Oprah Winfrey, Bill Gates, warren Buffet, dan Mark Zuckerberg. Dari hasil temuannya ini, Ia mendapati bahwa para tokoh sukses dunia menerapkan sejumlah latihan dan praktik dalam aktivitas kesehariannya, Sobat.

Menurut pengamatan pria ini, tokoh-tokoh sukses di atas mempunyai ritual menyempatkan waktu satu jam sehari atau lima jam dalam selama seminggu untuk melatih praktik pekerjaan yang dilakukan. Cara ini disebut sebagai aturan lima jam Sobat. Lantas kegiatan apa saja yang termasuk ke dalam aturan lima jam Sobat? Berikut pembahasannya yang dilansir dari lama Inc.

Meluangkan Waktu Membaca

Sobat Coklat, bagi sebagian orang membaca merupakan kegiatan yang menyenangkan, sedangkan sebagian lainnya mungkin tidak menyukainya. Nah Sobat, presenter sekaligus pebisnis Oprah Winfrey menyampaikan bahwa membaca adalah satu kegiatan yang mendukung kesukesannya selama ini. Menurutnya dengan membaca, dirinya mereasa menemukan kebebasan diri.

Seorang Miliarder bernama David Rubenstein bahkan meluangkan waktunya untuk membca enam buah buku selama seminggu. Selain David, pendiri Home Depot Arthur Blank membaca lebih dari dua jam sehari. Kegiatan membaca ini rupanya menjadi kebutuhan dari orang-orang penting tersebut. Nah bagaimana dengan Sobat Coklat? Sudahkah meluangkan waktu untuk membaca?

Refleksi atau Perenungan

Kapan Sobat Coklat melakukan perenungan? Saat membuat kesalahan atau Sobat melakukannya setiap hari? Nah Sobat, dalam aturan 5 jam ini refleksi atau perenungan termasuk agenda yang perlu dilakukan. Bahkan orang-orang penting menjadwalkan perenungan ini hingga berjam-jam sehari. CEO AOL Tim Armstrong mewajibkan tim kerja seniornya untuk menghabiskan waktu 4 jam sehari hanya untuk berpikir saja, Sobat. Tokoh lain, CEO LinkedIn Jeff Weiner menjadwal diri untuk merenung 2 jam sehari. Terakhir ada pendiri perusahaan O2E, Brian Scudamore yang menghabiskan waktu 10 jam untuk berpikir.

Tidak hanya orang penting perusahaan yang melakukan banyak perenungan Sobat. Sara Blakely yang merupakan seorang penulis bahkan mempunyai 20 buku catatan untuk menuliskan hal-hal buruk yang dialaminya. Para tokoh tersebut menunjukan bahwa merenung adalah proses evaluasi wajib dalam kesehariannya. Bagaimana dengan kamu Sobat? Berapa kamu merenung dan berpikir setiap hari?

Melakukan Percobaan

Tidak hanya berpikir, proses praktik melalui berbagai percobaan juga harus dilakukan untuk melengkapi dua poin sebelumnya Sobat. Kamu pasti sudah tahu jika sebuah penemuan didapatkan melalui percobaan berulang-ulang bukan?

Sobat, salah satu perusahaan yaitu Google bahkan memberikan izin kepada para pekerja untuk melakukan proyek-proyek baru 20% dari waktu kerja mereka. Perusahaan ini menilai bahwa menerapkan aturan 5 jam ini mempunyai keuntungan tersendiri. Meskipun produktivitas dan efisiensi akan berkurang, tapi hal lain yang diraih ternyata jauh lebih besar Sobat yaitu keunggulan individu dalam bidang pekerjaannya.

Nah Sobat, tiga poin yang termasuk dalam aturan 5 jam dari orang-orang sukses ini bisa kamu terapkan saat bekerja. Hal ini membuktikan bahwa semua orang butuh belajar untuk meningkatkan kemampuan diri bukan? Jadi, yuk meluangkan waktu untuk 3 hal tadi, Sobat Coklat.  

Sumber: Inc | Gambar: Pinterest, Univision, makassartribunnews.com

Tags : Kunci Sukses Tokoh Dunia , Tips Kerja