Lebih Gemuk Saat Puasa? Yuk Jaga Asupan Gula dan Garam

Lebih Gemuk Saat Puasa? Yuk Jaga Asupan Gula dan Garam

7 Jul 2015   |   By Karolina Ketaren   |   1191 Views

coklatkita.com- Sobat coklat pasti sudah arab dengan istilah segala sesuatu yang berlebih itu akan berakibat tidak baik kan? Begitu juga halnya dengan mengkonsumsi gula dan garam secara berlebihan di saat kamu berpuasa. Menurut seorang Nutrisionis dalam salah satu topik di tabloidnova.com, Kurniasih Ageng Pratiwi salah satu penyebab kenaikan berat badan saat puasa adaah terlalu banyak mengkonsumsi gula dan garam.  

Pakar tersebut menjabarkan bahwa seseorang hanya mempunyai jatah untuk mengkonsumsi karbohidrat sederhana sebesar 5% saja per harinya. Sederhananya, sobat coklat hanya membutuhkan sebesar 1900 kalori atau sebading dengan 1-1,5 sendok makan gula pasir. Hal yang menarik ternyata saat berbuka puasa sobat coklat mengkonsumsi minuman dan makanan manis dengan kadar gula lebih dari 1,5 sendok makan. Lebih jauh dari itu, ternyata konsumsi garam dan gula berlebih bisa mempercepat timbunan lemak di perut sobat coklat.

Ilustrasi makanan kalengan

Lain halnya dengan garam. Kebutuhan garam orang Indonesia berada pada takaran satu sendok teh atau sekitar 1900-2000 kalori saja. Sobat coklat bisa menghindari kelebihan asupan garam dengan mengurangi konsumsi makanan tinggi natrium seperti pada makanan kaleng, dan makanan berpengawet. Bahkan faktanya, makanan berpengawet dapat membuat rasa haus sobat coklat lebih tinggi dari biasanya. Jus serta buah yang segar bisa menjadi pilihan untuk mengganti kumpulan makanan manis kamu.

Diolah dari kompas.com

Sumber Gambar: lensakoe.worpress.com dan wolipop.detik.com