Biar Sehat, Makan Lemak!

Biar Sehat, Makan Lemak!

5 Nov 2016   |   By K. Ketaren   |   1120 Views

Coklatkita.com- Sobat Coklat sedang menghindari makanan berlemak? Salah satu kandungan makanan ini banyak dianggap orang merugikan tubuh bukan? Nah Sobat Coklat, mulai hari ini buang jauh-jauh anggapan ini, karena lemak ternyata sangat penting buat tubuh kamu. Apa saja manfaatnya Sobat? Yuk simak!

Lemak Penting Untuk Kesehatan Otak

Sobat Coklat sudah tahu jika jaringan otak manusia 60%-nya terdiri dari lemak? Menjauhi lemak teryata membuat fungsi otak berjalan kurang maksimal. Nah karena itu asam lemak dan omega-3 sangat penting menjaga keseimbangan fungsi otak. Selain itu, lemak juga berperan dala proses melarutkan vitamin A, D, E yang tidak bisa larut dengan air. Tubuh ternyata menyerap ketiga vitamin itu melalui lemak Sobat Coklat.

Membantu Paru-Paru Bekerja Lebih Baik

Selain otak, ternyata paru-paru manusia juga dilengkapi lemak sebagai pembungkusnya Sobat. Bahkan, diperkirakan seseorang yang terserang asma salah satunya disebabkan karena kekurangan lemak Sobat. Asma ini terjadi salah satunya dikarenakan penipisan membran yang terdiri dari lemak tersebut.

Meningkatkan Sistem Imun

Dalam buku Good Calories, Bad Calories, Dr. Michel dan Dr. Mary Eades menyatakanjika lemak jenuh mempunyai peran penting dalam menjaga tingkat imunitas tubuh Sobat. Bahkan keduanya menyebutkan jika kekurangan lemak jenuh menyebabkan kurang tanggapnya sel darah putih dalam menghadapi virus, bakteri, maupun jamur.

Melembabkan Kulit

Kulit ini adalah benteng terluar dari tubuh manusia Sobat Coklat. Lantas, apa jadinya jika kulit kamu kering dan kasar? Nah Sobat, kulit yang tidak sehat bisa menyebabkan infeksi luar kulit mudah berjangkit. Kulit yang tersusun dari banyak lapisan sel ini ternyata membutuhkan lemak ini Sobat.

Lemak Baik Untung Jantung

Sobat, sudah tidak asing bahwa jantung koroner disebabkan penyubatan lemak di pembuluh darah. Karena itu, orang berusia di atas 50 tahun dilarang makan lemak berlebih. Namun sebuah studi lain ditemukan di Kepulauan Pasifik, yang menyertakan lemak seperti penambahan minyak kelapa dalam program diet mereka. Hasilnya tidak terjadi pasien dengan serangan jantung disana.

Yang harus diperhatikan adalah lemak jahat yang sesungguhnya Sobat Coklat, yaitu lemak trans. Nah Sobat, lemak ini terjadi akibat penambahan hidrogen akibat pemanasan lemak jenuh. Jadi, baiknya kamu menggunakan minyak goreng untuk sekali memasak saja Sobat Coklat.

Penting untuk kamu tahu jika lemak menyediakan energi yang lebih besar daripada karbohidrat Sobat Coklat. Perbandingannya cukup signifikan yakni 9:4 untuk lemak dan karbohidrat. Jadi masih bilang lemak tidak baik buat tubuh Sobat?

Sumber: isigood.com | Gambar: emaze, deherba.com, bintang.com

Tags : Fungsi Lemak