Udara Kini Minim Kebersihan

Udara Kini Minim Kebersihan

29 Sep 2015   |   By Alfan Baedlowi   |   1859 Views

Coklatkita.com- Sobat Coklat pernah terjebak di tengah lalu lintas dan merasakan sesak napas? Atau melihat asap di pemukiman yang berasal dari orang membakar sampah? Hal-hal tersebut menjadi tanda yang jelas dari betapa mengkhawatirkannya polusi udara kini, apalagi yang bermosili di daerah perkotaan yang banyak terdapat kendaraan dan asap hasil pembuangan limbah pabrik.

Berdasarkan liputan Bloomberg (bloomberg.com) angka kematian akibat polusi udara sudah teramat tinggi akhir-akhir ini, dan terus meningkat. Pada 2010, sekitar 3,3 juta orang di seluruh dunia meninggal hanya karena menghirup debu-debu kecil yang berterbangan di udara dan diperkirakan jumlah ini akan berlipat ganda pada 2050. Hal ini diketahui dari beberapa studi tentang polusi ruang udara terbuka dan penyebabnya.
 

Ini yang harus diwaspadai oleh Sobat Coklat supaya tidak terjangkit ISPA, atau penyakit paru-paru lainnya yang berpotensi kematian. Amerika Serikat, yang telah menutup pembangkit listrik tenaga batubara bahkan belum bisa dikatakan aman dari polusi udara. Dari 15 negara yang paling tercemar polusi udara, AS berada di urutan nomor tujuh.

"Hal seperti ini seharusnya menjadi tanda bahaya untuk lembaga kesehatan di seluruh dunia," tulis Michael Jerrett, profesor kesehatan lingkungan dari University of California, Los Angeles (UCLA) lewat penelitian jurnal Nature seperti dikutip dari Bloomberg pada Sabtu (26/9/2015).

Para peneliti menggunakan data kandungan kimia terbaru, tingkat kesehatan, dan perekonomian untuk mengukur efek polusi udara pada satu negara. Hasilnya, perbedaan dalam sektor perekonomian sangat berpengaruh dengan buruknya tingkat kesehatan di seluruh dunia.

Penggunaan generator diesel untuk listrik rumahan dan pembakaran sampah berperan besar dalam tingkat kematian akibat polusi udara.

Bagaimana dengan Indonesia? Tingkat polusi udara di Indonesia berada pada peringkat ke-8 paling mematikan, dengan rata-rata kematian sebesar 50.000 jiwa. Hal ini jauh lebih 'baik' dari Tiongkok dengan total rata-rata 1,3 juta jiwa setiap tahunnya.

Berikut adalah daftar 15 negara dengan tingkat polusi paling mematikan berdasarkan laporan Bloomberg:

1. China
2. India
3. Pakistan
4. Bangladesh
5. Nigeria
6. Rusia
7. Amerika Serikat
8. Indonesia
9. Ukraina
10. Vietnam
11. Mesir
12. Jerman
13. Turki
14. Iran
15. Jepang

detik.com

gambar: mausehat.com

Tags :