Dilarang Pakai Obat Herbal Saat Kemoterapi!

Dilarang Pakai Obat Herbal Saat Kemoterapi!

10 Mar 2016   |   By K. Ketaren   |   2690 Views

Coklatkita.com- Sobat Coklat yang senang mengkonsumsi obat herbal mungkin mengenal beberapa jenis rempah obat seperti jelantang, dan kunyit. Namun ternyata dua jenis rempah tersebut tidak boleh dikonsumsi pasien kanker yang sedang menjalani kemoterapi. Dari penelitian yang dilakukan, ternyata beberapa ramuan tradisional itu bisa menyimpan bahaya. Mengapa? Ini alasannya Sobat Coklat!

Penelitian dari Profesor Era Ben-Aarye dari Technion-Israel Institute of Technology mengungkap bahwa tidak semua obat herba baik dikonsumsi para pasien kemoterapi. Dari 399 sampel tempat yang diambil di Kota Turki hingga Tunisia, Ia menemukan bahwa 29 dari 44 jenis ramuan mempunyai resiko lain jika digunakan berbarengan dengan obat untuk kemoterapi.

Ilustrasi Obat Kemoterapi

 

Ilustrasi jinten hitam

Seperti yang sudah dijelaskan, kunyit saja ternyata bisa meningkatkan efek racun dari obat kemoterapi. Untuk herbal lain seperti ginkgo biloba dan daun teh hijau juga ternyata dapat memicu pendarahan yang semakin parah. Kalau kamu percaya jika jinten hitam berkhasiat untuk pengobatan, maka itu tidak berlaku untuk pasien kemoterapi. Alasannya jinten hitam bisa menyebabkan kemoterapi ini gagal.

"Dalam kebanyakan kasus, pasien sebetulnya mencari kombinasi antara pengobatan medis dan herba untuk mendapat hasil yang terbaik. Mereka tidak melihat herba sebagai alternatif nyata dari terapi onkologi modern," ucap Eran kepada MedicalNewsToday pada Senin (29/2/16). Jadi, untuk Sobat Coklat yang menggunakan terapi herba untuk mendampingi pengobatan medis resmi tetap diperbolehkan. Hanya saja, sebelum mengkonsumsi baiknya harus berkonsultasi dengan dokter Sobat Coklat.

Sumber: health.detik.com | Gambar: realherballife.com, isikulkas.com, mirror.co.uk

Tags : Kemoterapi , Obat Herbal , kesehatan