Ikuti Langkah Ini, Bisa Jepret Foto Keren!

Ikuti Langkah Ini, Bisa Jepret Foto Keren!

4 Feb 2017   |   By Harry Z   |   1178 Views

Coklatkita.com- Fotografi menjadi bidang yang saat ini digemari banyak orang bukan, Sobat Coklat? Apalagi dengan media berbagi foto seperti instagram, banyak orang berlomba-lomba mendapatkan foto yang baik dengan catatan atau caption yang baik juga. Untuk membuat serangkaian bidikan berkualitas dari kamera jenis apapun, tips yang dirangkum dari Roderick Adrian Mozes seorang pegelut fotografi dari tahun 2004 bisa kamu simak.

Kuasai alat

Untuk mendapatkan hasil foto yang baik, tentu Sobat Coklat harus menguasai alat yang digunakan. Menurut Roderick, fitur-fitur yang melengkapi kamera akan memudahkan penggunanya mendapat hasil foto yang maksimal Sobat.

Lakukan riset

Melakukan pencarian informasi tentang kondisi lingkungan atau riset adalah agenda wajib yang harus dilakukan Sobat. Dengan mencari informasi di internet atau bertanya langsung pada warga sekitar, tentu aneka objek spesial bisa didapat bukan?

Mendalam

Menurut Roderick, seorang fotografer yang baik akan mampu mengenali kisah dibalik objek yang difoto. Untuk mendapat foto yang mempunyai kesan bercerita, Ia pun menyarankan untuk berdiam di suatu tempat dalam waktu yang cukup lama. Dengan melakukannya Sobat berpeluang untuk menemukan banyak hal unik lain.

Hormati budaya setempat                              

Hal ini penting untuk diketahui fotografer Sobat. Dengan mengetahui budaya setempat, kamu bisa secara leluasa memotret tanpa menyinggung masyarakat sekitar. Contohnya ketika akan memotret upacara adat yang sangat sakral, ada baiknya untuk meminta izin dan mencari jarak yang tidak menggangu prosesi ritual tersebut.

Otentik

Meskipun lensa tele memang jadi andalan saat memotret manusia, namun Sobat Coklat pengguna DSLR bisa memulainya dengan menggunakan lensa foto jarak menengah. Roderick mengatakan penggunaan lensa jarak dekat dapat memudahkan fotografer untuk lebih dekat dengan sumber foto, kondisi ini memberikan ruang yang lebih nyaman bagi fotografer Sobat.

Buat Catatan

Caption atau catatan merupakan pelengkap dari foto, Sobat. Dengan narasi yang baik namun tidak terlalu panjang, hal itu dapat memudahkan orang lain untuk menangkap maksud foto bahkan cerita dalam foto.

Sumber: travel.kompas.com | Gambar: jakfoto.net, izwie.com, okezone.com

Tags : Fotografi , Tips Foto