Malas Gerak Bisa Bikin Kanker!

Malas Gerak Bisa Bikin Kanker!

10 May 2016   |   By Karolina Ketaren   |   1482 Views

Sobat, tahu nggak kalau mager (malas bergerak) ternyata punya nama khusus. Ya benar Sobat, gaya hidup yang tidak aktif ini disebut sedentary. Tapi tahu nggak kalau malas bergerak ternyata berkaitan langsung dengan penyakit kanker Sobat? Mengerikan bukan? Nah, kali ini yuk simak tips malas bergerak buat mencegah kanker.

Sobat Coklat, memang rata-rata kasus malas bergerak ini dialmi oleh orang dengan berat badan berlebih atau biasa dikenal dengan obesitas. Pemerhati gaya hidup dan ahli fisiologi Grace Judio-Kahl berpendapat bahwa kebiasaan malas bergerak berkaitan dengan masalah usus besar Sobat. Meski sampai sekarang belum ada penjelasan antara hubungan kanker dengan sedentary ini tapi menurut perhatiannya, 60% dari orang sedentary ternyata mengidap kanker usus besar.

ilustrasi bekerja

Ada beberapa langkah sederhana yang bisa Sobat Coklat lakukan dan ini disarankan oleh Grace. Ketika mengalami malas bergerak, lakukanlah beberapa aktivitas fisik sederhana. Berdiri 5 menit setelah duduk 30 menit dan memilih tangga daripada elevator misal. Luangkan waktu 20 menit dalam 2-3 kali seminggu untuk olahraga, juga jangan menyuruh orang lain untuk mengambil barang yang kamu perlu Sobat.

Khusus untuk kamu yang mengalami obesitas, disarankan untuk melakukan kardio 1-2 jam Sobat Coklat. Untuk melengkapi ritual kesehatan, menambahkan latihan beban bisa kamu coba. Selain meningkatkan masa otot, hal ini bisa menjamin kamu punya aktifitas rutin supaya nggak malas bergerak Sobat. Semoga kamu lebih sehat lagi ya!

Sumber: kompas.com | Gambar: westernjournalism.com, cleanersharrow.org, 

Tags : Malas Bergerak , Mager , Kanker , Obesitas , Tips Kesehatan