Pakai Obat Merah Buat Luka, Bahaya Buat Otak!

Pakai Obat Merah Buat Luka, Bahaya Buat Otak!

19 Jan 2017   |   By Ulina K.   |   2395 Views

Coklatkita.com- Bagaimana cara kamu mengobati kulit terluka Sobat Coklat? Apakah dengan mengoleskan obat merah? Jika ya, maka kebiasaan kamu ini harus dihentikan Sobat. Mengapa? Dari sejumlah penelitian ditemukan bahwa penggunaan obat merah pada luka dapat menimbulkan bagi tubuh manusia. Jadi, apa saja akibat dan bagaimana tindakan yang harus dilakukan saat terluka? Simak infonya, Sobat Coklat.

Luka Dapat Sembuh Tanpa Banyak Perawatan

Pada dasarnya kulit yang terluka memang mudah rawan terkena mikroba atau kuman, Sobat. Jadi bagi kamu yang mempunyai kulit sehat, luka tersebut tidak perlu banyak diperhatikan karena biasanya akan sembuh dengan sendirinya. Hal ini terjadi karena tubuh yang sehat memiliki mekanisme regenerasi sel yang baik. Kulit baru nantinya akan mampu menutupi luka dengan sempurna, Sobat.

Lakukan Perawatan Pertama Luka

Sobat, sebelum merawat luka ada baiknya kamu membersihkan luka tersebut terutama jika luka tersebut memang kotor. Hal pertama yang dilakukan yaitu membersihkannya dengan air dan sabun, Sobat. Setelah bersih keringkan luka tersebut dengan kain bersih, bukan dengan tisu ataupun kapas. Mengapa? Serpihan tisu ataupun benda asing pada luka dapat memperlambat proses penutupan luka itu sendiri, Sobat Coklat.

Tidak Perlu Menggunakan Salep Atau Antiseptik

Sobat, pehatikan letak luka pada tubuh kamu. Apakah berada pada bagian tubuh yang aktif bergerak atau tidak. Nah Sobat, untuk luka pada bagian tubuh yang tidak bergerak, kamu cukup membiarkan luka terbuka begitu saja, Sobat. Jika luka tersebut maka salep antibiotik atau antiseptik sama sekali tidak diperlukan.

Sebaliknya pada luka yang kotor, yang perlu dilakukan hanya menutupnya dengan kasa steril dan jangan menggunakan kapas. Jika terjadi pendarahan pada luka yang baru, kamu cukup menekan kuat luka tersebut hingga pendarahan berhenti. Setelah itu lihat kondisi luka, apakah kotor atau tidak. Mencuci luka dengan air hangat adalah hal pertama yang bisa juga dilakukan, jika perlu tambahkan sedikit antiseptik untuk luka yang terlihat kotor, Sobat.

Jangan Pakai Obat Merah

Sobat pasti mengingat kalau dulu obat merah begitu populer digunakan untuk membuat luka basah menjadi kering. Satu kali penggunaan obat merah luka kamu seperti sudah terasa sembuh saja bukan? Namun sayangnya penggunaan obat merah atau merkurokrom ini sudah tidak dibenarkan. Obat ini telah terdeteksi engandung senyawa merkuri organik yang sangat beracun untuk otak manusia. Tidak ada alasan menggunakan obat ini baik sedikit maupun banyak Sobat, sifatnya tetap beracun untuk tubuh.

Tips Perawatan Luka Basah

Saat mempunyai luka yang basah, jangan coba-coba untuk mencucinya dengan boorwater apalahi dengan bubuk sulfa Sobat. Keduanya berbahaya karena dapat meracuni tubuh pada bagian saraf dan mengganggu hipersensitivitas kulit. Yang harus dilakukan pertama kali adalah membersihkan luka basah dengan rivanol Sobat. Lakukan ini setiap hari dan jangan lupa untuk mensterilkan luka tersebut dengan air hangat, Sobat.

Jadi sudah tahu cara merawat luka yang baik kan Sobat Coklat?  

Sumber: Intisari Online | Gambar: sciencedaily.com, penyakit.id, wikihow.com, pflegedienst-arens.de

Tags : Tips Merawat Luka