Wisata Gerhana yang Tak Terlupa Seumur Hidup

Wisata Gerhana yang Tak Terlupa Seumur Hidup

9 Feb 2016   |   By SHEISA SASTAVIANA   |   1116 Views

coklatkita.com - Tepat di bulan Maret 2016, beberapa daerah di Indonesia akan dilewati gerhana matahari total. Menyaksikan fenomena ini ternyata bisa menjadi momen liburan yang selalu terkenang. Gerhana matahari total di Indonesia akan melintasi Bengkulu, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tengah dan berakhir di Maluku Utara. Agenda wisata yang telah dipromosikan sejak lama oleh Kementrian Pariwisata Indonesia ini akan menarik banyak wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Dilansir dari DetikTravel, ini dia alasan-alasan yang membuat gerhana matahari menjadi pariwisata yang tak terlupakan.

#1. Peristiwa langka dan hanya terjadi di Indonesia

Gerhana matahari total termasuk fenomena langka yang tak bisa dinikmati setiap saat. Bahkan terkadang harus menunggu hingga puluhan tahun untuk bisa menyaksikan gerhana. Gerhana matahari total tanggal 9 Maret mendatang semakin terasa istimewa karena hanya bisa disaksikan di Indonesia hingga sekitar 3 menit. Sobat Coklat dapat menjadi saksi seperti apa keindahan gerhana matahari total itu tanpa harus jauh-jauh ke luar negeri. Buat pecinta fotografi juga tentunya bisa menikmati sekaligus berburu foto langka dari berbagai momen gerhana matahari total.

#2. Melihat sisi lain keindahan Sang Surya

Jika sunrise dan sunset merupakan dua hal utama yang wajib kamu saksikan saat berlibur, saat gerhana tentunya ada keindahan lain yang bisa dinikmati. Ketika matahari hampir keseluruhan tertutup oleh bulan nanti, maka Sobat Coklat yang ada di jalur totalitas gerhana dapat melihat berbagai efek spesial seperti baily's bead serta efek cincin berlian. Baily's bead yang berbentuk seperti manik-manik ini dapat terlihat selama 10-15 detik sebelum dan sesudah gerhana total. Baily's bead akan hilang perlahan ketika bulan menutup seluruh permukaan matahari. Kemudian muncul gumpalan cahaya yang bersatu dengan korona atau mahkota matahari yang tampak seperti cincin berlian. Keren!

#3. Bisa bertemu ilmuwan dari berbagai negara

Ilmuwan dari luar negeri seperti dari National Aeronautics and Space Administration (NASA), Korea dan Prancis akan datang ke Indonesia untuk melakukan pengamatan gerhana matahari total. Siapa tahu, nanti Sobat Coklat bisa bertemu mereka dan berbagi cerita mengenai gerhana. Ilmuwan dalam negeri dari LAPAN juga pasti bertebaran di berbagai lokasi acara.

#4. Jelajah destinasi anti-mainstream di Tanah Air

Kalau biasanya tujuan liburan hanya sebatas Jakarta, Bandung atau Yogyakarta, kini saatnya jelajah daerah eksotis lainnya di wilayah barat dan timur Indonesia. Misalnya Manggar, Lubuklinggau, Toboali, Jailolo, Ternate, Tidore, Maba, Buli dan lain-lain. Sambil menunggu kehadiran gerhana matahari total, Sobat Coklat bisa menjelajah berbagai objek wisata di daerah tersebut. ***

 

 

 

 

Source: DetikTravel

Tags : solar eclipse , gerhana matahari indonesia , gerhana di indonesia , gerhana matahari maret , gerhana matahari terlihat dimana