2022 SALATIGA AEROFUNPRESS

2022 SALATIGA AEROFUNPRESS

25 Feb 2022   |   By Reny Tanjung   |   705 Views

Coklatkita.com - Seiring berkembangnya pergerakan industri olahan kopi di Indonesia, Aeropress menjadi salah satu metode dan teknik olah kopi yang paling efektif didalam pencarian sebuah kualitas rasa kopi pada tingkat yang terbaik. Dalam kurun waktu 7 tahun terakhir, Aeropress juga menjadi salah satu metode seduh favorit yang banyak dipilih oleh para pembuat dan penikmat kopi, khususnya di Indonesia.

Menggabungkan beberapa teknik dan metode seduh (Espresso Machine, Pour Over dan Immersion), pada tahun 2004, Alan Adler seorang pria berkebangsaan Amerika, menemukan dan menciptakan sebuah metode dan alat seduh yang hingga saat ini dinamai dan menjadi sebuah merk dagang populer yaitu AeroPress.

Beberapa teknik dan metode seduh, kualitas rasa yang kompleks, karakter dan identitas rasa yang kuat, semua dihasilkan oleh satu alat, AeroPress.

2022 Salatiga AEROFUNPRESS

AeroFunPress adalah kompetisi menyeduh kopi secara manual khususnya menggunakan alat seduh bernama AeroPress yang dilaksanakan pada 12 Februari 2022 dan merupakan kompetisi AeroPress Salatiga perdana yang dilaksanakan di Cagar Pangan, Cukil, Klero - Kab. Semarang.

Diinisiasi dan diselenggarakan oleh Klasik Beans, Cagar Pangan dan Utan Coffee Roastery, kompetisi aerofunpress ini dibalut dalam keramah tamahan anjangsana dan silaturahmi kopi dengan harapan meningkatkan kualitas kemampuan para penyeduh kopi melalui sebuah kompetisi, tak ketinggalan misi besar tentang silaturahmi antara banyak sekali penggiat kopi pun terjadi disini unjuk gigi, kompetisi, kumpul, bicara, tukar visi dan mimpi tentang Ngopi.

2022 Salatiga AEROFUNPRESS menghadirkan 7 juri profesional berskala nasional, yang berkompeten dan tersertifikasi dalam bidangnya dan dalam pendaftaran kompetisi ini 36 peserta terkumpul hanya dalam waktu 45 menit sejak pendaftaran dibuka dari 7 hari masa pendaftaran. Ini jadi pertanda baik bagi atmosfer kegiatan kopi di negeri kita, minat dan antusias yang sangat tinggi jadi indikasi. Kopi kita masih jaya dan akan selalu berjaya.

Rapatkan barisan, satukan kekuatan, pegang teguh Silaturahmi, syukuri setiap buah rejeki.

Salam Kopi Indonesia, Jaya Kopi Nusantara.

 

Narasi oleh Arif Budiawan

Penyelenggara acara
Klasik Beans Cooperative
Cagar Pangan Salatiga
Utan Coffee Roastery Salatiga

Tim Peliput
Silaturahmi Kopi

Tags :