Biar Tetap Sehat Makan Mie Instan, Ini Caranya!

Biar Tetap Sehat Makan Mie Instan, Ini Caranya!

1 Feb 2017   |   By Harry Z.   |   1467 Views

Coklatkita.com- Meskipun mie instan tergolong makanan kurang baik untuk dikonsumsi, namun karena kepraktisan memasak, harganya yang murah, serta variasi rasa yang banyak tentu menyebabkan orang-orang setia mengonsumsinya. Jika Sobat tidak termasuk penyuka makanan ini namun ingin tetap sehat, tips ini bisa dilakukan untuk mengurangi akibat buruk dari mie, tips ini bisa kamu coba.

Membuang Bumbu Mie

Sobat sudah tahu bahwa dalam sebungkus mie instan kurang lebih terkandung natrium sekitar 63%? Jika dirata-ratakan maka ada satu setengah sendok garam yang akan masuk tubuh ketika memakan semangkuk mie instan.

Sobat. Perlu kamu ingat, terlalu sering mengonsumsi mie instan dapat berakibat buruk bagi ginjal. Dalam sebungkus mie instan yang tinggi dengan natrium tersebut dapat membuat kerja ginjal tidak bisa berfungsi stabil, bahkan kandungan garam tersebut akan langsung menembus jantung. Akibatnya cukup signifikan bagi tubuh Sobat, aliran darah seseorang terjadi lebih cepat dari frekuensi normal, jantung akan bekerja ekstra dan tekanan darah akan juga meningkat drastis.

Nah Sobat, penjelasan tadi tentu menakutkan bagi kamu bukan? Ketika memakan sebungkus mie instan itulah yang terjadi di dalam tubuh namu kamu tidak merasakannya secara langsung. Untuk menghindarinya, kamu bisa mengonsumsi mie dengan bumbu atau rempah hasil kreasi kamu atau membuang setengah dari bumbu mie tersebut dan menggantinya dengan rempah di rumah Sobat. Meskipun terdengar tidak praktis, jika untuk kesehatan tidak salahnya untuk dicoba bukan?

Menambahkan Sayuran

Sayuran termasuk bahan makanan yang paling praktis untuk dimasukan ke dalam mie, Sobat. Dengan tambahan sayuran, setidaknya kamu akan mengurangi akibat buruk dari mie instan ini. Selain membuat mie lebih sehat, sayuran juga menambahkan rasa pada mie instan. Beberapa sayuran hijau seperti kol, sawi hijau, bayam, dan mentimun bisa kamu coba tambahkan dalam mie instan favorit kamu, Sobat.

Tidak Perlu Mengganti Air Rebusan Mie

Sobat Coklat pernah mendengar bahwa sebagian orang kerap mengganti air rebusan mie instan bahkan sampai merebusnya dua kali? Menurut Guru Besar Departmen Gizi Masyarakat Institut Pertanian Bogor (IPB), Prof. Dr. Hardiansyah, hal itu tidak perlu Sobat lakukan. Ia berpendapat jika mie instan Indonesia mengandung tepung asam folat yang baik untuk tubuh dan jika air rebusan dibuang maka nutrisi tersebut sudah pasti hilang bukan?

Diolah dari uzone.id dan sumber lain | Gambar: It.avatar-nusatantara.com, katalogkuliner.com, singapuraterkini.com

Tags : Mitos dan Fakta Mie Instan