Sejarah Indonesia di Simpan di 5 Negara Ini!

Sejarah Indonesia di Simpan di 5 Negara Ini!

23 Nov 2016   |   By Harry Zein   |   1523 Views

Coklatkita.com- Tidak bisa dipungkiri, negara kita ini sangat kaya dengan berbagai peninggalan dari kebudayaan masa lalu. Namun berbagai artefak itu tidak bisa dilihat semua di Negara Indonesia Sobat. Untuk melihatnya kamu harus menjejakan kaki di 5 negara lain yang menyimpan peninggalan ini lebih apik dari negara kita. Inilah 5 negara penyimpan benda sejarah Nusantara Sobat.

Belanda

Untuk menemukan berbagai prasasti dari kerajaan Nusantara dulu, negeri Kincir Angin bisa jadi tujuan Sobat Coklat. Negara yang tercatat paling lama menjajah Indonesia ini menyimpang arca kerajaan Singasari, arca Ganesha, hingga prasasti laiinnya. Semua bensa sejarah itu disimpan di 3 museum yang di Belanda yaitu, Tropen Museum, Museum Rotterdam dan juga Leiden National Museum of Ethnology.

Perancis

Berbagai benda sejarah dari Indonesia juga ikut menjadi koleksi dari Museum Quai Branly, Perancis Sobat. Meskipun tidak pernah menjajah negara Indonesia, negara ini menyimpan beberapa benda asli Indonesia seperti baju Suku Asmat, tambur raksasa dari Sumatera, sampai sarung batik asal Jawa Timur abad ke 20.

Jerman

Sobat Coklat, Jerman adalah negara lain yang mengagumi kebudayaan asli Indonesia. Di Museum Fur Volkerkunde contohnya Sobat bisa melihat wayang klitik dan keris sunggingan yang konon desainnya sangat indah. Nggak cuma keris dan wayang, koleksi benda sejarah Indonesia bahkan yang berusia ratusan tahun tersimpan dengan apik disana, Sobat.

Inggris

Meskipun sebentar menjajah Negara Indonesia, Inggris ternyata menyimpan sangat banyak koleksi sejarah dari negeri ini Sobat. Bahkan  di sebuah museum bernama British Museum yang menyimpan berbagai benda dari negara bekas jajahan Inggris,  disediakan ruang khusus untuk artefak kebudayaan Nusantara Sobat. Salah satu yang disimpan di museum ini adalah arca Budha dan kepala Budha dari Candi Borobudur abad ke-9.

Austria

Sobat Coklat akan kaget jika mendengar ada 1200 benda dari suku Maluku yang tersimpan apik di Austria bukan? Nah Sobat, tidak hanya itu saja bahkan sebilah keris yang dipakai Pangeran Diponegoro saat melawan Belanda dalam perang juga disimpan apik di Museum Wina Sobat. Berbagai patung nenek moyang Indonesia juga jadi salah koleksi museum ini yang mungkin tidak ada di Indonesia sendiri Sobat.

Sobat, ada 3 faktor yang menyebabkan benda sejarah Indonesia disimpan di oleh negara lain adalah takut rusak, benda tersebut hasil jarahan masa lalu, dan diambil penjajan dengan motif penelitian. 

Sumber: segiempat.com | Gambar: tripadvisor.com, jengpatrol.com, kompasiana.com, spiegel.de, wikimedia.org

 

Tags : Benda Sejarah Indonesia di luar negeri