Cara Ampuh Sembuhkan Stress!

Cara Ampuh Sembuhkan Stress!

30 Mar 2016   |   By Karolina Ketaren   |   1374 Views

Coklatkita.com- Sobat Coklat pernah mendengar kalau orang yang mengaku depresi sama sekali tidak usah dikhawatirkan? Nah, yang perlu dicemaskan adalah jika seseorang yang tertekan cenderung diam dan tertutup Sobat. Karl Mercer adalah seseorang yang pernah berbagi kisah depresinya melalui Buzzfeed, Ia menilai kalau banyak orang menganggap depresi itu sepele. Tapi tahukah Sobat Coklat kalau ada sekitar 340 juta orang meninggal karena depresi? Untuk mengatasi hal ini, yuk simak tips yang dilansir dari dailyelite ini!

Ilustrasi meditasi

Meditasi

Membiarkan diri kamu untuk tenang sejenak ini jadi pilihan yang bagus Sobat Coklat. Meditasi ini ternyata bisa kamu lakukan sendiri. Sisihkan waktu 30 menit untuk menenangkan pikiran dan melepas beban ketika mengalami stress, pasti bisa membantu kamu untuk lebih jernih berpikir.

Jadi, yang kamu butuhkan ada tempat dan keadaan yang nyaman untuk bermeditasi Sobat Coklat. Nah, mindfullness meditation dengan menutup mata, mengatur nafas, berusaha fokus dan menguatkan diri bisa jadi langkah bagus jika stress melanda.

Ilustrasi makanan gizi seimbang

Menambah Asupan Vitamin B

Tidak sepele ternyata akibat dari kekurangan vitamin ini Sobat Coklat. Kurangnya asupan vitamin B dan B12 bisa menyebabkan terganggunya pembentukan hormon pengubah suasana hati seperti, dopamin, serotonin, dan epinephrine.

Untuk menambah asupan vitamin B ini tidaklah mahal Sobat Coklat. Coba mulai dengan gaya hidup sehat dengan mengurangi kafein. Bayam, paprika, susu rendah lemak, ikan salmon, dan kerang bisa jadi opsi sumber vitamin untuk kamu konsumsi.

Ilustrasi menetapkan tujuan hidup

Tetapkan Tujuan Kamu

Saat mengalami depresi biasanya seseorang akan lebih mudah untuk mengembangkan pikiran negatif bukan? Perasaan sedih, tak berharga, susah ditolong, cemas, dan selalu bersalah akan menghantui jika depresi terus berlarut.

“Mulailah dengan langkah kecil, buat tujuan itu dapat anda jangkau untuk diwujudkan, bukan hal yang mustahil,” ucap Ian Cokk sebagai Director of Depression Research and Clinic Program UCLA. Nah, dengan mencapai tujuan sederhana, sedikit demi sedikit tentu Sobat Coklat akan lebih percaya diri. Seterusnya depresi akan menghilang dengan banyaknya kebahagiaan yang kamu raih Sobat.

Ilutrasi mengatur waktu tidur

Atur Kembali Jadwal Tidur

Untuk kamu yang mengalami depresi, tentu tidur bukanlah sesuatu yang mudah untuk dilakukan bukan? Padahal, depresi yang dialami Sobat Coklat mungkin bisa lebih buruk dengan tidak teraturnya jadwal tidur. Cara terbaiknya adalah, coba untuk membuat jam tidur dan bangun yang rutin setiap hari. Luangkan waktumu Sobat untuk tidur siang. Meski susah, memaksakan diri untuk kebaikan tentu lebih baik bukan? Yuk hilangkan semua depresi kamu sekarang juga Sobat Coklat!

Sumber: beritaagar.id | Gambar: yogaloft.com.au, i0.wp.com, personalexcellence.co, dan huffpost.com

Tags : Stress , Mindfullness Meditation , Depresi