Ayo Kita Berkebun di Bandung bersama BdgBerkebun

Ayo Kita Berkebun di Bandung bersama BdgBerkebun

15 Jun 2015   |   By Sheisa   |   1539 Views

coklatkita.com - Semakin sempitnya ruang terbuka untuk berkebun telah menggerakkan sekelompok orang di Bandung untuk menciptakan sebuah wadah yang peduli akan kualitas ruang kota. Komunitas BdgBerkebun berkembang dan berusaha memanfaatkan ruang-ruang tidak produktif dan terbatas jadi lahan produktif melalui berkebun. Berkebun merupakan media  untuk  memperkenalkan  gaya  hidup hijau  pada  masyarakat  melalui  kegiatan yang gampang, fun, inovatif, edukatif dan bermanfaat membuat Bandung menjadi lebih hijau.

Kegiatan yang dilakukan oleh BdgBerkebun juga bisa diikuti oleh semua kalangan, termasuk Sobat Coklat. Syaratnya cuma dua: Tidak takut main tanah dan tidak takut terkena sinar matahari. Gampang kan? Sekarang ini, sebagian besar jenis tanaman yang ditanam oleh BdgBerkebun adalah sayur-sayuran seperti bayam, kangkung, pakcoy, dan kacang merah karena tanaman ini bisa langsung dikonsumsi dan masa tanamnya termasuk singkat. Hasil panennya dikonsumsi oleh sendiri dan warga sekitar, sekarang ini komunitas BdgBerkebun mulai memfasilitasi petani lokal yang menggarap lahan bersama untuk menjual hasil panen pada rumah makan yang menjadi rekanan.

Memulai kegiatan pada Mei 2011, sekarang ini BdgBerkebun berkembang menjadi salah satu komunitas paling aktif di Bandung. Gerakan ini berawal di Jakarta dan ada 30 kota lainnya yang bergerak di bawah naungan Gerakan Nasional Indonesia Berkebun. Mengandalkan keunggulan dari sisi kreatifitas, komunitas BdgBerkebun menonjolkan inovasi dalam berkebun yang disebut Creatifarming (creative-farming) lewat kegiatannya dan instalasi berkebunnya.

Salah satu kegiatan BdgBerkebun adalah Urban Farming Installation (UF-I) sebagai solusi penanaman kreatif pada lahan terbatas. BdgBerkebun ingin menginspirasi Sobat Coklat bahwa berkebun adalah hal yang mudah dilakukan dimana saja dengan teknik UF-I ini. Selain itu, ada juga School Urban Farming, yakni edukasi berkebun untuk pelajar melalui workshop dan pemanfaatan lahan tidak produktif di sekolah.

Kalau Sobat Coklat punya lahan tidak produktif di lingkungan rumah atau kampus, bisa bergabung menjadi agen BdgBerkebun dan mengembangkan ide kreatif untuk menjadikan lahan tersebut area yang hijau. Sampai sekarang, BdgBerkebun memiliki lebih dari 200 anggota terdaftar yang tersebar di berbagai wilayah di Bandung. Ternyata mudah kan untuk membuat Bandung menjadi lebih hijau…***

 

 

 

Sumber: www.bdgberkebun.com | Foto: www.bdgberkebun.com