Juni ke Yogya? Jangan pernah lewatin ARTJOG

Juni ke Yogya? Jangan pernah lewatin ARTJOG

15 Jun 2015   |   By Karolina Ketaren   |   1201 Views

coklatkita.com- Jika di bulan Juni sobat coklat punya kesempatan mengunjungi Kota Yogyakarta, pastikan untuk tidak melewatkan satu acara seni terbesar berskala internasional yang bertempat di Taman Budaya. Juni ini sobat coklat masih bisa datang ke event ini dari tanggal 6-28 Juni 2015. Ada beragam karya seni rupa dari sekitar 86 seniman dari dalam negeri dan mancanegara yang setiap tahunnya ditampilkan.

Artjog ke 8 ini bertajuk Infinity in Flux, the unending Loop that Bonds the Artist and Audience. Bambang ‘Toko’ Wijacaksono selaku kurator dalam pengantar pameran ini menyampaikan bahwa tema dan judul dari Artjog yang kedelapan mewakili konsep “tak terbatas”. Jadi, untuk para pengunjung pameran ini bisa menyentuh dan berinteraksi dengan beberapa karya visual, audio visual yang berada di ruang pamer.

Pada tahun ini, Artjog menampilkan karya seniman dari multi-media, penyanyi, dan akitivias asal Jepang, Yoko Ono. Istri mendiang John Lennon ini, menampilkan karya berjudul “Wish Tree” yang dikerjakannya sejak dari tahun 1981. Karya Instalasi seni publik ini, merupakan kumpulan-kumpulan harapan dari berbagai penduduk di berbagai penjuru dunia. Tak hanya itu, Yoko juga menampilkan karya fotografi hitam putih, dan artefak dari karya musiknya, dan karya lain yang dikemas di sebuah kotak kaca.

Rosit Forsyth, salah satu turis dari Scotlandia yang baru pertama kali datang ke Artjog terlihat sangat tertarik dengan sekumpulan karya seni yang dipamerkan. “All Fully Interesting, Just It”, katanya saat diwawancarai coklatkita.com, Sabtu malam 6/6/15.

Fikri Rajabi mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung menyampaikan kalau dirinya sengaja jauh-jauh  bertendang ke kota ini hanya untuk menyaksikan event anual ini , “Desak-desakan sih banget, tapi nyesel deh kalo ke Yogya gak ke Artjog,” katanya.