Wisata Sejarah dari Somba Opu

Wisata Sejarah dari Somba Opu

28 Jul 2015   |   By Karolina Ketaren   |   2132 Views

coklat.com- Berwisata di wilayah Indonesia Timur, tentu menjadi momen yang sangat menakjubkan bukan? Selain terkenal dengan panorama alamnya yang luar biasa, kamu juga bsa mencoba berbagai wisata sejarah. Salah satunya Benteng Somba Opu. Bertandang ke Kota Makassar rasanya tidak lengkap bila melewatkan kawasan yang satu ini.

Situs sejarah ini terlihat kokoh dan masih dapat menceritakan kejayaannya. Tempat ini terletak di Jl. Daeng Tata, tepatnya hanya 10 km dari pusat kota Makasar. Kawasan berbentuk segi empat ini terbentang sepanjang 2 km dengan ketinggian 7-8 meter serta tebal dindingnya mencapai 3,6 meter. Dengan melihat benteng ini, kamu bisa membayangkan peristiwa masa lalu dari kota sejarah ini.

Rumah adat mandar somba opu

Dahulu kawasan ini dipadati dengan keramaian perdagangan rempah dunia antara Asia dan Eropa. Tempat ini juga dikenal memiliki sistem pertahanan yang kuat. Buktinya, kamu bisa melihat meriam legendaris yang dinamakan “Baluwara Agung” yang memiliki bobot hampir 9.500 kg. Senjata untuk bertahan ini memiliki panjang 9 meter. Selain meriam, dari Somba Opu, sobat coklat menjelajah peninggalan lain dari Kesultanan Gowa.

Hal luar biasa lain, dari benteng ini kamu bisa melihat keragaman bentuk rumah adat dari seluruh suku yang ada di Sulawesi Selatan. Menarik bukan? Hanya berada di satu tempat ini saja, kamu seperti telah menjelajah ke seluruh bagian Sulawesi Selatan.

Gowa Discovery Park

Banyak orang menganggap bahwa mengunjungi kawasan sejarah itu menjemukan. Tapi tidak demikian dengan tempat wisata yang satu ini. Mengapa? Sebabnya adalah  kawasan Somba Opu ini dilengkapi dengan fasilitas lain seperti Taman Satwa serta Waterboom yang dinamakan “Gowa Discovery Park”. Sangat cocok untuk sobat coklat yang mengajak serta keluarga ketika berlibur.

Diolah dari berbagi sumber

Sumber Gambar:

www.tommuanemandar.com, tribunnews.com, pengenliburan.com