Bahaya, Ketika Tidur Jangan Nyalakan Lampu!

Bahaya, Ketika Tidur Jangan Nyalakan Lampu!

2 Aug 2016   |   By Karol Ketaren   |   1187 Views

Coklatkita.com- Sobat Coklat, apa kamu suka mematikan lampu ketika tidur Sobat? Nah Sobat, meski tidak semua orang melakukannya ternyata kebiasaan ini punya manfaat yang luar biasa. Faktanya, tertidur dalam keadaan lampu yang menyala mempunyai resiko lebih besar terkena osteoporosis.

Untuk menguji pengaruh tidur dengan cahaya lampu, sebuah studi akhirnya dilakukan Sobat. Hasil temuan dari riset membuktikan, tidur dengan lampu menyala membuat tubuh lebih lemah, layu otot, hingga kerapuhan pada tulang Sobat Coklat.

Sobat, selama kurun waktu 6 bulan, para peneliti mengamati tikus yang dikenai cahaya secara konstan. Dan benar, masalah otot, tanda-tanda osteoporosis, penurunan sistem kekebalan tubu, dan rentan perlawanan terhadap infeksi dialami tikus itu Sobat.

ilutrasi mematikan lampu

Dari independent, para akademisi tersebut awalnya menganggap cahaya dan kegelapan bersifat netral ketika manusia tidur. "Kami dulu berpikir cahaya dan kegelapan tidak berbahaya dan netral terhadap kesehatan," ujar Profesor Johanna Meijer, dari Leiden University Medical Centre, Belanda.

Meskipun begitu Sobat, Meijer menambahkan jika efek cahaya terhadap melemahnya otot dan tulang saat tidur bersifat sementara. Hal itu diketahui saat tikus yang menjadi sampel kembali pulih saat terkena cahaya alami Sobat Coklat.

Untuk pencegahan berbagai efek negatif tidur dengan lampu menyala, yuk coba matikan lampu ketika kamu tidur. Selain lebih sehat tentu juga bisa jadi penghematan listrik yang ampuh bukan Sobat Coklat.  

Sumber: CNN Indonesia | Gambar: portal-energia.com, i.huffpost.com

Tags : kesehatan , Tidur Sehat