Legundi Si Liar yang Bermanfaat

Legundi Si Liar yang Bermanfaat

22 Aug 2016   |   By K. Ketaren   |   3443 Views

Coklatkita.com- Tumbuhan ini dikenal dengan berbabagai nama Sobat Coklat. Meskipun termasuk kedalam kategori tumbuhan liar namun hampir dari semua bagian pohon ini punya manfaat. Orang Indonesia mengenal tumbuhan ini dengan nama legundi namun daerah tumbuhan ini mempunyai namanya sendiri Sobat. Orang Melayu menyebut tumbuhan ini dengan Gendasari, Lilogundi (Palembang), Langgundi (Padang), Lagundi (Sunda), Galumi (Sumbawa), Ai Tuban (Ambon) dan mungkin juga ada nama  lainnya sesuai daerah asal Sobat Coklat. Inilah manfaat dari tumbuhan liar legundi Sobat.

Obat Sakit Kepala-Tuberkulosis-Kanker

Di Malaysia sana, orang-orang menggunakan legundi sebaga obat sakit kepala. Menurut pengalaman masyarakat Melayu, daun legundi bisa berfungsi sebagai antipiretik, diuretik, analgesik, bahkan lebih jaub lagi jadi obat alternatif untuk penyakit kanker.

Sumber Antioksidan yang Tinggi

Untuk melawan berbagai radikal bebas, legundi bisa jadi alternatif kamu. Buah pada tanaman ini mempunyai kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Nggak cuma buahnya,  daun legundi juga mengandung senyawa flavanoid, tripenoid, dan sterol tentunya yang jadi sumber dari antioksidan alami Sobat.

Obat Tradisional Kaum Hawa

Untuk para calon ibu, akar legundi bisa digunakan untuk pengobatan pasca persalinan. Sedangkan untuk bijinya berkhasiat untuk menyuburkan rambut dan pengharum alami yang menenangkan.

Sumber: Sehat Alami Versi Cetak | Gambar: manfaat.co.id, selingkaran.com

Tags : Legundi , Tumbuhan Obat