Yuk, Jadi Musuh Nyamuk Sekarang!

Yuk, Jadi Musuh Nyamuk Sekarang!

8 Dec 2015   |   By Karolina Ketaren   |   1289 Views

Sobat Coklat mungkin punya caranya sendiri untuk mengusir nyamuk. Apa sih yang biasanya kamu gunakan? Obat nyamuk, lotion antinyamuk, atau mungkin tumbuhan-tumbuhan alami lain? Nah, kali ini coklatkita.com akan meramu beberapa tips ampuh menghindari gigitan juga mengusir nyamuk. Dan tidak salah lagi kiat ini pasti aman untuk kamu aplikasikan dalam jangka waktu yang lama.

ilustrasi olahraga

Jangan Memancing Nyamuk Datang

Menurut penelitian dari Joe Conlon, Phd dari Amerika Serikat, selain karena mengandung darah, ternyata tubuh kita berpotensi memancing nyamuk untuk hinggap. Bagaimana bisa? Menurutnya, karbon dioksida dalam jumlah yang cukup tinggi dapat memicu nyamuk untuk mendekat. Keadaan ini diperparah kalau kamu tidak lepas mandi setelah berolahraga. Tumpukan asam laktat di keringat itu ternyata jadi zat kesukaan nyamuk juga.

Konsumsi Bawang Putih

Pernah dengar kalau drakula nggak suka bawang putih? Nah, ternyata mitos itu nyata jika kamu aplikasikan pada nyamuk. Nyamuk nggak suka sama bawang putih yang bisa mengurangi tingkat asam laktat dalam tubuh. Untuk kamu yang bepergian outdoor ke gunung misal, membawa bawang putih untuk dimakan bisa jadi alternatif menghindari gigitan “drakula nyata”.

Makan bawang putih

Jauhi Wewangian Beraroma Buah atau Bunga

Ini adalah hal yang lucu tapi benar adanya Sobat Coklat. Nyamuk akan mengira tubuh kita sejenis tumbuhan jika kita tubuh kita memiliki aroma seperti buah atau bunga. Aneh kan? Solusinya, jika kamu akan bepergian ke temat yang memang akan banyak nyamuknya, mungkin bisa mengganti aroma parfum, sabun, atau lotion selain dari bunga dan buah bisa jadi opsi kamu.

Tanam Tumbuhan Pengusir Nyamuk

Nah satu cara ini merupakan cara orang tua untuk mengusir nyamuk, tapi dijamin aman untuk kesehatan kamu. Tanaman ajaib ini adalah rosemary, marigold, sereh, dan bawang putih. Kalau kamu punya keterbasatasan dengan lahan, menanam di pot juga bisa jadi pilihan. Selamat mecobanya ya Sobat Coklat!

Disarikan dari Majalah Sehat Alami

Gambar: p2tel.or.id

Tags :