Olahraga Di Bulan Puasa? Perhatikan Waktunya!

Olahraga Di Bulan Puasa? Perhatikan Waktunya!

5 Jun 2018   |   718 Views

Sobat Coklat hobi berolahraga? Nah coba ketahui dulu waktu yang tepat untuk berolahraga, agar tidak mengganggu puasa dan mendapatkan hasil yang maksimal dari berolahraga. Coba kita telaah kapan saja waktu yang tepat untuk beolahraga di bulan puasa.

Sekitar jam 4 – 5 sore

Jika kamu tidak beraktivitas terlalu padat dari selesai saur hingga menjelang berbuka, cobalah untuk berolahraga 1 jam sebelum berbuka puasa. Olahraga sebelum berbuka membuat lemak yang ada didalam tubuh mudah dibakar karena perut dalam keadaan kosong, selain itu kamu tidak perlu khawatir mengalami gula darah rendah atau dehidrasi. Karena tidak lama lagi energimu akan kembali diisi saat berbuka.

Sekitar jam 7 – 9 malam

Jika kamu tidak memiliki daya untuk berolahraga di jam berpuasa, inilah waktu terbaik. Kamu bisa melakukan olahraga lebih lama, sekitar 2 sampai 3 jam. Tapi ingat ya Sobat Coklat, pastikan makanan yang kamu makan sudah terserap dengan baik sebelum melakukan olahraga. Beri jeda waktu dari berbuka ke waktu olahraga.

Setelah berbuka energimu akan kembali normal, jadi kamu bisa melakukan olahraga dengan intensitas lebih berat, seperti lari dengan jarak cukup jauh atau angkat beban.

Sekitar jam 5 – 8 pagi

Setelah saur tubuh akan memiliki energy yang banyak yang bisa kamu gunakan untuk berolahraga. Karena masih panjang kegiatan selama sehari, sebaiknya jangan olahraga yang terlalu membutuhkan energy yang besar. Cobalah olahraga dirumah, yoga atau jogging sekitar rumah saja, karena olahraga setelah saur, baiknya untuk memberikan kesegaran di dalam tubuhmu saja, bukan untuk membentuk massa otot atau membakar lemak berlebih.

Sobat Coklat, kapanpun waktu yang kamu pilih untuk berolahraga pastikan seimbang dengan kegiatanmu selama sehari dan keadaan tubuhmu memang mampu untuk berolahraga di saat puasa. Jangan dipaksakan.

Sumber foto : https://lifestyle.kompas.com

Tags :