Gawat, 6 Flora Ini Terancam Punah di Indonesia!

Gawat, 6 Flora Ini Terancam Punah di Indonesia!

24 Sep 2016   |   By K. Ketaren   |   1841 Views

Coklatkita.com- Tidak bisa dipungkiri jika negara ini dianugerahi kekayaan alam seperti banyaknya jenis flora yang khas bukan? Sobat Coklat, pernah memperhatikan tumbuhan apa saja yang sudah langka di Indonesia kini? Ya benar, salah satunya pepohonan di hutan Indonesia Sobat akibat pembalakan hutan. Inilah 6 pohon khas Indonesia yang diindikasikan keberadaannya sudah langka Sobat.

Pohon Bantal Sulam

Pohon ini bernama latin Palaquium walsurifoium dan tergolong flora langka asli dari Indonesia Sobat. Pohon ini dikenal masyarakat dengan kayunya sangat kuat. Tidak perlu diragukan lagi, kualitas dari kayu bantal sulam ini. Keawetannya berada di level empat dengan kualitas premium. Pohon ini pun diperdagangkan dengan harga yang mahal Sobat,  karena kualitas itulah pohon ini mulai langka bahkan terancam punah.

Pohon Ulin

Pulau Kalimantan yang memiliki pohon khas yang bernama Pohon Ulin. Bernama nama latin Eusiderxylon zwageri, karena kekuatannya pohon ini juga dikenal orang dengan nama kayu besi, Sobat. Sampai sekarang pohon besi ini masih banyak diburu orang karena harganya jualnya yang sangat mahal.

Pohon Cendana

Pohon cendana atau Santalum album merupakan salah satu pohon khas Indonesia. Pohon ini terkenal memiliki aroma khas atau biasa disebut wangi cendana. Kayu yang menghasilkan minyak cedana memiliki harga yang sangat mahal. Selain sebagai aroma terapi, kayu ini juga dapat diolah menjadi sangkur keris. Cendana sangat terkenal dengan minyak yang dihasilkannya karena memiliki aroma khas yang harganya mahal di pasaran. Pohon yang dikategorikan sebagai parasit ini sulit dikembangbiakkan, Sobat. Dan inilah yang membuat kayu ini begitu langka.

Pohon Damar

Aghatis labillardieri atau pohon damar merupakan pohon khas dari Pulau Papua Sobat Coklat. Tidak salah lagi Sobat, kalau yang dimanfaatkan dari pohon ini adalah getahnya. Khasiat dari getah ini cukup banyak Sobat, dan pastinya banyak dicari orang. Kerusakan hutan Papua seperti ekploitasi hutan secara besar-besaran adalah  penyebab hampir punahnya pohon damar Sobat. Uniknya pohon dengan diameter 2 meter ini bisa tumbuh degan tinggi yang mencapai 60 m.

Enau

Pohon aren atau pohon enau (Arenga pinnata) merupakan palma yang sangat penting setelah kelapa. Pohon yang bisa tumbuh setinggi hampir 25 m ini tersebar di bagian pesisir pantai seperti di kepualua nusan tenggara dan Maluku.

Sumber: ilmugeografi.com | Gambar: philpotforcongress.com, tribunnews.com, anekuteun.com, ddinews.gov.in

Tags : Tumbuhan Langka , Pohon Langka , Pohon Khas Indonesia