Cara Orang Dulu Bersihkan Gigi

Cara Orang Dulu Bersihkan Gigi

9 Mar 2016   |   By K. Ketaren   |   1597 Views

Coklatkita.com- Pernah nggak Sobat Coklat mendengar cerita tentang bagaimana orang dulu menyikat giginya? Ya, memang benar orang dulu menyikat giginya tanpa pasta gigi Sobat Coklat. Tapi tahu nggak, meski cara yang mereka gunakan sangat sederhana, cara yang mereka pakai itu ternyata bisa membuat gigi mereka kuat dan sehat. Yuk simak cara sederhana dari mereka buat menyikat gigi tanpa pasta dan sikat gigi tentunya.

Cengkeh

 

Jenis rempah ini ternyata bukan dipakai untuk menyikat gigi Sobat Coklat. Seperti yang kamu tahu, cengkeh dipakai saat ini salah satunya untuk mengharumkan makanan. Nah, orang-orang dulu menggunakan cengkeh untuk menghilangkan bau tidak sedap. Caranya, kamu hanya mengunyah beberapa buah cengkeh setelah memakan makanan yang berbau tajam Sobat Coklat.

gambar buang pinang

Biji Buah Pinang

Orang dulu ternyata juga menggunakan buah pinang buat membersihkan giginya Sobat Coklat. Selain itu, buah pinang dipakai para perempuan Sumatera di zaman dulu untuk menginang dengan daun sirih. Memang cara tidak praktis ini akan ribet untuk diaplikasikan sekarang ini Sobat Coklat, tapi nggak ada salahnya untuk kamu tahu bukan?

Jeruk Nipis dan Garam

Untuk Sobat Coklat yang suka memasak, pasti kamu sudah tahu fungsi dari jeruk nipis dan garam. Ya benar, selain bisa menghilangkan bau amis pada ikan, bumbu masak ini bisa untuk membersihkan gigi juga. Caranya, perah jeruk nipis dan beri sedikit taburan garam, setelah itu gosokan ke gigi. Selain airnya, kulit jeruk nipis juga dipkai orag zaman dulu untuk mencerahkan warna gigi Sobat Coklat.

daun salam

Daun Sirih

Sejak dulu, rempah ini dikenal banyak orang sebagai antibakteri alami. Selain digunakan untuk membersihkan luka, sirih ini ternyata dipakai orang dulu untuk menggosok gigi. Caranya, rebus daun sirih sampah warna daun berubah menjadi agak kecoklatan. Setelahnya, orang dulu akan memakai air ini berkumur Sobat Coklat.

Daun Salam

Kamu juga pasti sudah mengenal rempah ini sebagai peyedap masakan. Nah, selain memberikan aroma wangi, ternyata salam dipakai orang zaman dulu untuk membersihkan giginya. Langkah-langkahnya, ambil beberapa lembar daun salam kemudian gosokan ke gigi Sobat Coklat. Setelah itu, berkumurlah dengan air hangat. Cara seperti itu bisa untuk menghilangkan plak pada gigi kamu.

Sumber: damniloveindonesia.com | gaya.tempo.co, spirit.web.id, jaguhteam.com

Tags :