5 Langkah Sederhana Untuk Sehat (Slow Food)

5 Langkah Sederhana Untuk Sehat (Slow Food)

10 Feb 2016   |   By Karolina Ketaren   |   1842 Views

Coklatkita.com- Sobat Coklat mungkin sudah tahu kalau makanan cepat saji (junk food) memang kurang baik bagi kesehatan. Dan ternyata, protes terhadap junk food ini sudah dilakukan salah satunya di Italia. Carlo Petrini seorang  jurnalis kuliner dari Itali sudah mengecam kehadiran fast food ini di tahun 1986. Gerakan ini dinamakan Slow Food. Gerakan mengajak masyarakat untuk melestarikan makanan lokal (slow food) ini faktanya memang lebih meyehatkan bukan? Berikut 5 langkah Slow Food sederhana yang bisa Sobat Coklat lakukan.

Cerdas Memilih Bahan Pangan Lokal yang Segar

Kunci dari gerakan Slow Food adalah membeli bahan pangan lokal. Dengan cara ini, selain bisa menghemat waktu Sobat Coklat, kamu juga bisa lebih memastikan kualitas baik buah maupun sayur yang dibeli. Dengan cara ini kamu bisa lebih memajukan pertanian lokal, sealigus harga yang ditawarkan dijamin akan lebih menghemat pengeluaran tentunya.

Pasar tradisional

Pilih Bahan Pangan Organik

Sudah jelas kalau bahan makanan organik akan jauh lebih menyehatkan tubuh. Bebas pestisida, fungisida, dan bahan kimia lain sudah jadi jaminan dari bahan pangan organik ini. Menurut studi dari Food Technology, bahan makanan organik akan memberikan asupan antioksidan yang kadarnya tinggi. Hal ini sangat sesuai dengan prinsip Slow Food yang menggalakan makanan sehat alami tanpa bahan kimia.

Dapur hidup

Hindari Bahan Makanan Hasil Rekayasa Genetik

Genetically Modified Organism (GMO) atau produk pangan dari rekayasa genetik tentunya tidak baik bagi kesehatan kamu. Bayangkan saja, produk pangan ini prosesnya sangat dipaksakan untuk tumbuh cepat hanya untuk memenuhi kebutuhan pasar. Proses ini selain akan memperburuk nutrisi dari bahan pangan, proses GMO juga akan merusak lingkungan Sobat Coklat. Jadi tidak ada salahnya memilah-milah produk pangan sebelum kamu konsumsi bukan?

Buat Dapur Hidup di Lingkungan Rumah

Tidak usah berpikir kalau berkebun itu perlu lahan yang luas Sobat Coklat. Menanam beberapa macam sayuran di pot atau dipekarangan rumah, tentunya bisa jadi siasat kamu buat hidup lebih sehat. Selain menghasilkan sayur dan buah organik yang sehat, siang harinya tumbuhan yang kamu tanam bisa menghasilkan oksigen juga Sobat Coklat. Yuk, jadi lebih sehat dengan langkah sederhana ini!

Gambar:

intisarionline.com, infobandung.com, iderumah.co

Source: Majalah Sehat Alami

Tags : Slow Food , Sehat Alami , Junk Food