Akibat Dijajah, Lahir Minuman Ini!

Akibat Dijajah, Lahir Minuman Ini!

18 Oct 2016   |   By K. Ketaren   |   1523 Views

Coklatkita.com- Saat penjajahan, masyarakat Indonesia tidak bisa menikmati hasil buminya sendiri termasuk kopi. Nah Sobat, akibat tidak bisa mengonsumsi kopi, masyarakat Sumatera Barat ketika itu mengolah minuman bernama ai kawa atau kawa daun (minuman dari daun kopi.red) sebagai alternatif. 

Sobat Coklat, konon daun kopi ini dijadikan sebagai pengganti karena dipercaya masih mengandung kafein. Seperti membuat teh, untuk membuat ai kawa diperlukan daun kopi pilihan yang kemudian dikeringkan dengan cara disangrai selama 12 jam hingga benar-benar kering.

Cara untuk membuat minuman ini yaitu dengan mencampurkan daun kopi hasil pengeringan dengan air dingin dan kemudian disiram lagi dengan air panas Sobat. Jika ingin manis, kamu bisa menambahkan gula Sobat Coklat.

Nah yang unik lagi adalah cara minumnya Sobat. Ai kawa biasanya diminum dari wadah berupa tempurung kelapa yang dibelah dua dengan potongan bambu sebagai tatakannya. Minum ai kawa juga akan lebih nikmat jika ditemani penganan kecil lainnya seperti gorengan Sobat.

Sumber: lifestyle.okezone.com | Gambar: saribundo.biz, HerbalNewsPedia

Tags : Ai Kawa , Kawa Daun , Minuman Khas Sumatera