Impun, Si Million Fish Yang Bukan Asli Indonesia

Impun, Si Million Fish Yang Bukan Asli Indonesia

2 weeks ago   |   By Reny Tanjung   |   64 Views

Coklatkita.com - Ikan Gupi atau di wilayah Jawa Barat dikenal dengan nama ikan Impun mudah ditemui di sungai hingga di selokan hampir di seluruh wilayah Indonesia, tidak heran kalau banyak yang menyangka bahwa Ikan Impun ini merupakan ikan asli dari Indonesia, namun menurut sejarahnya yang cukup panjang ternyata Impun bukanlah ikan asli Indonesia.

Ikan Impun memiliki karakteristik ukuran 4-6 cm untuk betina dan 2,5-3 cm untuk jantan, ikan Impun ini memiliki beberapa bentuk yang beberapa diantaranya dijadikan ikan hias karena kecantikannya.

Ikan Gupi yang menjadi nama trennya hingga kini ini pertama kali ditemukan oleh seorang ilmuan bernama Wilhelm Peters pada tahun pertengahan 1850an, berbagai jenis ikan Gupi ditemukan oleh beberapa orang yang berbeda, lokasi yang berbeda Venezuela, Trinidad dan Barados) dan pada tahun yang berbeda, yang kemudian DI british museum, pimpinan rombongan pengumpul ikan bernama Vipan mulai melakukan percobaan dengan mengawinkan ikan-ikan yang ditemukan di lokasi berbeda tersebut  dan masil penelitian membuktikan kalau ikan-ikan tersebut masih dalam jenis yang sama meskipun bentuknya sedikit berbeda.

Penyebaran ikan Impun dilakukan dengan jalur perdagangan hampir ke seluruh benua di dunia kecuali Antartika dan masuk ke Indonesia pada tahun 1920an. Awalnya Impun dipelihara didalam Aquarium utntuk memberantas jentik nyamuk, namun karena ukurannya terlalu kecil untuk menangkap jentik nyamuk akhirnya ikan gupi dilepaskan ke alam bebas.

Perkembangan Impun cukup pesat dan menyebar ke banyak daerah perairan bebas, dan pada tahun 1929 tercatat bahwa ikan ini bisa ditemukan hampir di seluruh perairan Jawa Barat. Hingga kini ikan yang dahulu sering mewarnai hari-hari anak-anak di parit ini telah menyebar hampr diseluruh perairan nusantara.

Namun bukan hanya di Indonesia, Ikan yang berasal dari Benua Amerika Ini populer hampir di seluruh dunia, hal ini karena spesies ikan hias air tawar ini mudah menyesuaikan diri dan beranak pinak, perkembangannya yang pesat ini membuat ikan Impun dijuluki Mllion Fish.

Kelebihan Ikan Impun ini tidak hanya bisa menangkap jentik nyamuk dan keindahannya namun juga memiliki manfaat bagi kesehatan seperti menjaga kesehatan jantung, mencegah penyakit kulit dermatitis, mencegah katarak, menguatkan tulang hingga mengobati sakit tenggorokan.

Hingga kini ikan Impun masih mudah ditemui di selokan juga parit selain itu ikan impun yang memiliki bentuk yang cantik masih banyak diburu dan bahkan dilakukan persilangan untuk menghasilkan jenis ikan Impun yang menghasilkan ikan hias cantik dengan karakteristik inidah dan berharga sangat mahal hingga jutaan rupiah.

Potensi besar dari ikan Gupi ini masih banyak yang belum menyadarinya, terlebih jika pemerintah bisa mendukung untuk melakukan export maka akan menjadi ladang yang meyakinkan untuk kita mulai. Berani memanfaatkan potensi ini?

Tags :