Pindai Wajah, Solusi Saat Bingung Pesan Makanan!

Pindai Wajah, Solusi Saat Bingung Pesan Makanan!

10 Jan 2017   |   By Ulina K.   |   896 Views

Coklatkita.com- Sobat Coklat pernah merasakan berlama-lama kebingungan memesan menu makanan di restoran? Apa penyebabnya karena beragam menu yang ada Sobat? Tapi tidak usah khawatir tidak lama lagi, sebuah teknologi pemindai wajah bisa menolong para pelanggan yang mengalami hal ini.

Sebuah teknologi pelayanan restoran sedang dikembangkan oleh restoran ayam cepat saji Kentucky Fried Chicken (KFC), Beijing, Cina, Sobat Coklat. Teknologi yang berbentuk robot ini akan bekerja mengetahui menu apa yang cocok bagi pelanggan berdasarkan hasil pemindaian wajah seseorang. Dilansir dari Tech Crunch, teknologi yang merupakan hasil kerjasama dari KFC dengan Baidu atau ‘Google China’  ini akan memberikan menu berdasarkan kategori usia, jenis kelamin, juga ekspresi wajah, dan suasana hati pelanggan.

Sebelumnya teknologi serupa memang sudah pernah diujicobakan oleh Baidu terhadap restoran lain di Shanghai, Sobat. Robot ini telah bekerja mengenali perintah pelanggan dari bahasa alam, setelah printah diterima robot kemudian Ia akan memberikan pesanan sesuai dengan pesan yang diberikan. Dengan demikian, pelanggan hanya tinggal berduduk manis saja tanpa perlu memikirkan dan mengatakan serangkaian menu yang diinginkannya.

Sebagai ilustrasi, pihak Baidu memberikan contoh, untuk menu sarapan, jika pelanggan adalah seorang paruh baya maka sistem akan memberikan saran menu yaitu susu kedelai dan bubur. Bila pelanggan yang datang berusia sekitar 20-an maka robot tersebut akan merekomendasikan ayam goreng renyah dan kola untuk makan siang.

Menyadari kalau tidak semua orang akan menyukai teknologi ini, pihak Baidu mengatakan bahwa setiap pelanggan masih dapat menentukan menu pilihannya sendiri, Sobat Coklat. Hebatnya lagi, ketika pelanggan yang sama datang ke tempat tersebut maka sistem akan mengenali apa yang pernah dipesan oleh konsumen.

Dengan teknologi pindai wajah ini, restoran tersebut diduga akan dijadikan model percontohan untuk restoran pintar, Sobat Coklat. Selain pindai wajah akan ada teknologi lain yang akan menambah daya tarik pelanggan yaitu pemasangan permainan augmented reality Sobat. Tidak kurang dari 300 restoran KFC di Beijing akan memasang permainan ini, Sobat.

Menurut kamu bagaimana jika teknologi ini didatangkan ke Indonesia, Sobat?

Sumber: CNN Indonesia | Gambar Ilustrasi : infinityleap.com, fthmb.tqn.com, aolcdn.com

Tags : Robot Restoran , teknologi