Wajib Banting Piring Kalau Nikah!

Wajib Banting Piring Kalau Nikah!

18 Jan 2016   |   By Karolina Ketaren   |   3068 Views

Coklatkita.com-  Kekhasan upacara pernikahan ternyata tidak cuma kita temukan di Indonesia. Salah satu negara di Eropa sana, Jerman juga punya cerita lain soal upacara pernikahan. Tradisi pranikah yang berasal dari daerah Bonn ini adalah membanting ember dan memecahkan piring yang umumnya berbahan dari keramik. Lantas, apa tujuannya Sobat Coklat? Berikut tujuan dari tradisi unik ini.

Sekali melaksanakan ritual ini, warga Jerman sengaja mendatangkan ribuan piring yang tujuannya untuk dipecahkan. Menurut ibreakplates.com, acara ini merupakan ungkapan suka cita dari keluarga mempelai. Memecah piring sebelum prosesi pernikahan juga menyimbolkan kekuatan cinta dari pasangan tersebut dalam menghadapi permasalahan rumah tangga di masa depan.

Pengantin jerman membereskan piring pecah

Dalam kepercayaan kuno Jerman, memecah piring dalam upacara pernikahan dipercaya memutuskan siklus duka akibat kematian. Dengan memecahkan alat makan dari keramik, mereka percaya jika ada kerabat yang meninggal maka kematian lainnya tidak akan cepat menyusul.

acara banting piring di jerman

Namun tradisi ini bisa dilakukan untuk menyambut acara bahagia lain. Tujuannya adalah untuk menipu para roh jahat yang menyukai kekerasan saat berkeliaran di acara tersebut. Adapun pada acara pernikahan, para tamu undangan diwajibkan membawa alat makan dari bahan keramik untuk dipecahkan sendiri. Pelatan dari keramik yang dibawa oleh tamu undangan wajib dipecahkan sebelum memasuki pintu rumah mempelai wanita. Orang yang memecahkan dipercaya akan mendapat keberuntungan.

Gambar:

www.protikhon.com

Tags : Ritual Nikah Unik