5 Lukisan Gua Purba ada di Indonesia!

5 Lukisan Gua Purba ada di Indonesia!

5 Sep 2016   |   By K. Ketaren   |   4682 Views

Coklatkita.com- Sobat Coklat pernah mendengar bahwa di wilayah Indonesia banyak sekali peninggalan manusia purba yang tersebar? Benar sekali Sobat, temuan para ilmuwan membuktikan kalau manusia purba seperti seperti Meganthrous PaleojavaicusHomo Wajakensis, hingga Pithecanthropus Erectus merupakan penghuni Nusantara masa lalu. Bukan hanya fosil saja, ternyata kehidupan masa lalu masih bisa kita lihat buktinya lewat lukisan dinding dari 5 gua di Indonesia Sobat Coklat.

Gua Maros, Sulawesi Selatan

Dari kawasan gua karst Maros, Sobat Coklat bisa melihat sebuah gua dengan lukisan dinding yang berukuran cukup besar. Terdapat 12 cap tangan manusia dan 2 gambar hewan yang konon adalah peninggalan dari penghuni dulu gua ini. Menurut hasil temuan dari Pusat Arkeologi Nasional, Universitas Wollongong dan Universitas Griffith Australia, luisan ini diperkirakan berumur lebih dari 40.000 tahun. Mereka menyatakan umur lukisan ini sama dengan Situs El Castilo di Spanyol. Lukisan gua ini diperkirakan adalah peninggalan dari Homo Sapiens (jenis manusia purba modern).

Gua Pettae dan Pettae Kere, Sulawesi Selatan

Kedua gua ini ditemukan pada tahun 1950 oleh seoarang arkeolog Belanda Van Heekeren dan Keeren Palm. Dari keduanya, gua ini menyimpan banyak lukisan masa lalu yang diperkirakan telah ada di tahun 8000-3000 SM, Sobat Coklat.

Sama seperti di Gua Maros, banyak cap tangan menghiasi gua dan gambar hewan babi rusa. Lukisan berwarna merah ini konon bercerita tentang babi rusa liar yang nantinya akan dipergunakan untuk makan kelompok manusia purba tersebut Sobat Coklat. Dari ceria lukisan ini, para arkeolog ternyata dimudahkan untuk memprediksikan umur gambaran tangan tersebut Sobat Coklat.

Gua Liang Kobori, Sulawesi Tenggara

Gua Liang Kobori juga mempunyai lukisan guanya sendiri Sobat Coklat. Terletak di Desa Mabolu, Kabupaten Muna, para arkeolog memperkirakan bahwa lukisan ini sudah berusia 4.000 tahun Sobat.

Ada 100 lukisan yang ada di dalam gua. Dari gambar ini, para peneliti memperkirakan para pembuat gambar ini berasal dari perdaban yang sudah mempunyai sistem yang baik, Sobat.  Lukisan ini berkisah tengan sistem masyarakat Suku Muna lampau Sobat. Gambaran orang sedang bercocok tanam, beternak, berperang, hingga lukisan yang berfungsi ritual memenuhi dinding gua ini.

Gua Kontilola, Papua

Gua ini terletak di dekat Wamena Sobat Coklat. Dari ketiga gua sebelumnya, gambaran dari gua ini adalah yang paling misterius Sobat. Bayangkan saja, di dalam gua setinggi tiga meter terdapat gambaran dari beberapa sosok mirip manusia berkepala bulat dan tidak berambut.

Bukan itu saja Sobat, jari dari gambar tersebut hanya berjumlah 4 jari saja.  Nah Sobat, dari penduduk setempat, gambaran di dalam gua ini diperkirakan bukanlah manusia. Berdasarkan banyak cerita yang beredar gua ini terkenal dengan banyak keanehannya dan konon lukisan ini telah ada sejak lama Sobat Coklat.

Gua Maluku

Ratusan lukisan di dinding juga banyak ditemukan di beberapa gua di Maluku Sobat Coklat. Di tahun 1937 saja seorang arkeolog bernama J. Roder menemukan 100 buah lukisan. Kebanyakan gambar dari lukisan gua ini adalah cap tangan berwarna merah Sobat Coklat.

Semua lukisan yang menyebar di Maluku ini hampir memiliki motif yang sama Sobat Coklat. Dari banyaknya peninggalan sejarah ini, diperkirakan para manusia purba ini sedang mencoba membuat karya seni dan meninggalkan bukti keberadaan mereka agar diketahui orang lain di masa mendatang.

Sumber: viva.co.id | Gambar: viva.co.id dan touropia.com 

Tags : Manusia Prasejarah , Lukisan Gua di Indonesia