10 Makanan khas paling intim Indonesia Timur (bagian 2)

10 Makanan khas paling intim Indonesia Timur (bagian 2)

9 Jan 2019   |   By Franco Londah   |   458 Views

6. Kue Lontar

Kue lontar Image by belanga.id

Makanan satu ini bukan pilihan bagi perut yang sangat keroncongan. Posisinya hanya makanan ringan dan produk akulturasi budaya Eropa Belanda  yang berasimilasi dengan kuliner kawasan Indonesia Timur. Nama aslinya kue Rontart, sekilas memang mirip dengan kue pie susu khas pulau Dewata, namun berbeda dan pergeseran pengucapanlah yang membuatnya berubah dan dituliskan menjadi kue lontar. Kue Lontar berbahan dasar telur yang dicetak berbentuk piring. Penyajiannya pun cukup special, untuk menikmatinya terkadang harus menunggu hari-hari besar keagamaan seperti lebaran atau natal.

Varian bentuk, dari yang kecil, sedang dan berukuran besar dapat menjadi pilihan untuk membawa kue ini sebagai buah tangan terbaik pilihan khas Indonesia timur.

 

7. MartabakSagu

Martabak Sagu Image by mengenalpapua.wordpress.com

Mayoritas masyarakat Indonesia pasti tahu martabak. Kuliner yang awal kehadirannya dibawa oleh saudagar India dan Arab ini dikonsumsi dengan dua pilihan, yakni martabak manis dan martabak telur. Tetapi tunggu dulu sobat coklat, daerah timur menawarkan martabak yang berbeda dari segi rasa dan keunikan bahan dasarnya. Ya betul, Indonesia Timur dikenal dengan pelahap sagu terbesar dibanding dengan daerah lain di Indonesia yang lebih memilih nasi sebagai teman santapnya, maka tak heran pilihan bahan utama jatuh kepada sagu. Voila, hadirlah martabak sagu khas tanah Papua yang dibuat dengan bahan-bahan sederhana. Sagu terlebih dahulu dihaluskan dan digoreng, setelah itu tambahkan saus gula merah, sehingga bisa ditebak rasa martabak ini manis dan gurih.

Martabak sagu adalah menu favorit yang ada di Papua, sebagai pilihan saat berkumpul dengan teman-teman menikmati matahari terbenam bumi Cendrawasih. Bagi sobat coklat yang menghabiskan liburan disini, jangan sampai lewatkan menu yang satu ini ya.

 

8. Sate Ulat Sagu

Sate Ulat Sagu Image by traveltodayindonesia.com

Banyak yang mengira bahwa, kuliner yang satu ini sebagai kuliner ekstrim, dan sebenarnya di beberapa pedesaan di pulau jawa juga mengkonsumsi ulat sagu, namun di Papualah surganya sobat coklat. Saya pribadi berkesempatan mencobanya sekali ketika pulang kampung ke Minahasa tahun 2012. Beruntung ada tetangga Oma saya yang asli Papua dan menanam pohon sagu di kebun miliknya. Beliau berbaik hati menyajikan sate ulat sagu ini. Untuk soal rasa, sungguh diluar dugaan,  creamy dan gurih meskipun agak geli karena yang saya makan merupakan ulat. Teksturnya agak lengket, dengan bagian kulit luar yang sedikit crispy. Bagi yang tidak suka dengan binatang ulat atau hewan melata, sangat tidak direkomendasikan. Walaupun pada dasarnya, protein dalam tubuh sobat coklat akan meningkat setelah mengkonsumsi ulat yang satu ini.

Ulat sagu bagi masyarakat Papua merupakan sumber energi dengan kadar kolestrol rendah, kandungan protein dan juga beberapa kandungan lainya yang sangat baik untuk tubuh bisa didapatkan dari ulat yang hanya berdiam di pohon sagu ini. Ulat sagu biasanya mudah ditemukan di Papua, karena memang sangat banyak pohon sagu yang tumbuh di daerah ini. Ulat sagu memiliki cita rasa yang manis dan juga asin, biasanya disajikan dengan cara dibakar, ulat sagu sangat enak dan memiliki cita rasa berbeda dengan jenis lauk lainnya. Pepatah bilang, “Kamu tidak akan mengetahui, kalau kamu tidak merasakannya sendiri”, saya Tarik ucapan saya sebelumnya, sangat direkomendasikan jika menyambangi kawasan Indonesia Timur, terutama Papua.

 

9. UdangSelingkuh

Udang selingkuh image by Trivia.id

Entah dari mana asalnya penamaan kuliner ini, sedikit unik memang. Coba sobat coklat bayangkan, di laut Indonesia Timur; Udang kebingungan lalu berselingkuh dengan Kepiting dan hasilnya ”Kuliner Udang Selingkuh”. Sebenarnya, cikal bakal penamaan disebabkan capit udang yang besar seperti milik kepitingsehingga udang dengan nama latin cherax albertisii ini dinamakanbegitu. Kuliner udang selingkuh biasanya dihidangkan dengan dibakar atau pun di goreng.

 

10. Aunu Senebre

Aunu Senebre Image by resepayahibu.blogspot.com

Nomor terakhir dari kuliner khas Indonesia timur berikutnya, masih dari tanah Papua. Aunu Senebre, sebuah santapan olahan ikan teri dan nasi  yang digoreng lalu kemudian ditabur irisan daun talas serta parutan kelapa dicampur jadi satu. Proses selanjutnya dikukus dan siap disantap bersama Papeda yang menambah lengkap menu ini.

Demikian 10 makanan khas Indonesia timur yang lezat dan sangat menggoda selera, semoga bisa menjadi rekomendasi bagi Sobat Coklat yang sedang berlibur di wilayah Indonesia Timur.

Selamat berlibur dan selama tmakan!

Sumber :http://wisatabaru.com/10-makanan-khas-indonesia-timur-yang-lezat-dan-menggoda/

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tags :