Ayam Taliwang, Kelezatan Resep Khas Lombok

Ayam Taliwang, Kelezatan Resep Khas Lombok

27 Jun 2015   |   By Sheisa Sastaviana   |   2087 Views

Lombok, coklatkita.com – Menikmati kuliner di Pulau Lombok ternyata tidak kalah menarik dengan keindahan pantai-pantainya. Berkunjung ke Lombok tanpa mencicipi Ayam Taliwang rasanya kurang afdol. Nama ‘taliwang’ sendiri diambil dari nama sebuah desa di Lombok yakni Desa Taliwang yang menjadi tempat asal Ayam Taliwang. Bumbu-bumbu yang diracik memang terasa berbeda dengan ayam bakar pada umumnya. Ayam yang digunakan adalah ayam kampung yang kecil namun rasa dagingnya lezat. Satu ekor ayam sudah cukup untuk mengatasi rasa lapar.

Untuk menambah kenikmatan menyantap Ayam Taliwang, jangan lupa tambahkan sambal beberok, sambal bawang khas Lombok. Kali waktu ada kesempatan mengunjungi Pulau Lombok, bolehlah Sobat Coklat mampir ke Lesehan Taliwang Irama di Jl. Ade Irma Suryani No. 10 Cakranegara, Mataram. Restoran dan lesehan ini namanya sudah terkenal dan digadang-gadang sebagai yang ter-enak di Kota Mataram. Untuk seekor ayam taliwang, Sobat Coklat hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 45.000. Bisa disajikan dengan cara dibakar-sedang, dibakar-pedas, atau hanya digoreng, silakan disesuaikan dengan selera.

Ayam Taliwang

 

 

Plecing Kangkung

 

Taliwang Irama

Sepiring ayam taliwang sangat menggugah selera. Warnanya yang hitam kecoklatan, dilumuri dengan sambal yang khas, membuat makanan ini layak untuk dicoba. Saat pertama mencicipi, rasanya sangat gurih dan pedas. Kegurihannya didapatkan dari pemangganggan ayam yang pas dan rasa pedas didapatkan dari sambal yang menutupi semua bagian ayam. Lengkapi pengalaman kuliner Sobat Coklat di Lombok dengan menikmati plecing kangkung. Plecing termasuk salah satu kuliner khas Lombok yang paling banyak dicari. Plecing kangkung adalah kangkung yang dicampung dengan tauge, kacang tanah, kelapa parut, dan sambal. Semua bahan tersebut kemudian dicampurkan dan menciptakan jenis makanan kangkung yang rasanya berbeda dari kangkung biasanya.

Sudah siap untuk berburu kuliner di Lombok? ***