Pedas Manisnya Sate Rembiga dan Sup Bebalung

Pedas Manisnya Sate Rembiga dan Sup Bebalung

27 Jun 2015   |   By Sheisa Sastaviana   |   2602 Views

Lombok, coklatkita.com - Jalan-jalan kuliner kali ini, kami menyambangi warung sate di Jalan Rembiga, Mataram. Selain Sate Bulayak, ada juga Sate Rembiga yang tak kalah enak. Sate Rembiga terbuat dari bahan dasar daging sapi, dengan bumbu rempah-rempah yang menjadikan sate ini memiliki rasa pedas manis dengan tekstur daging yang lembut. Kelembutan dagingnya didapat dari proses perendaman selama 3 jam bersama dengan bawang putih, cabe rawit dan gula sehingga rasanya benar-benar masuk sampai ke dagingnya.

Nama Sate Rembiga diambil dari nama sebuah desa di Lombok. Walaupun demikian, sate ini bisa ditemukan hampir di semua daerah di Pulau Lombok, terutama di Jalan Rembiga, Mataram. Di sepanjang jalan ini, Sobat Coklat bisa dengan mudah menemukan warung-warung yang menjual Sate Rembiga. Di warung-warung tersebut, kita bisa menikmati Sate Rembiga di atas berugak (saung). Jangan lupa pesan juga semangkuk Sup Bebalung khas Lombok yang disajikan lengkap dengan iga sapi.

Sup Bebalung dipercaya sebagai makanan yang bisa menambah vitalitas tubuh, karena dalam bahasa Sasak, ‘bebalung’ berarti tenaga. Campuran bumbu cabe rawit, bawang putih, lengkuas dan kunyit, menjadi ciri khas yang tak bisa ditemukan dimanapun. Penyajian Sup Bebalung biasanya dilengkapi dengan taburan bawang merah goreng dan nasi putih. Buat Sobat Coklat yang menyukai rasa pedas, bisa menambahkan sambal sesuai selera. ***